7.30.2006

Very Berry Strawberry Pie



Ini adalah kali pertama gue bikin pie. Gak terlalu susah kok ternyata (kalo susah gak bakal mejeng di blog gue...hehehe...gue kan penganut bikin makanan yang gak ribet).

Resep kulit pie dan isinya nyobain dari Allrecipes. Di situs ini komplit diceritain juga tips dan trik membuat Pie Crust. Psssttt...filling strawberry-nya YUMMY loh asem-asem seger, gampang dibuat, homemade lagi, gak pake tambahan pengawet macem-macem.

Kulit Pie

Bahan :
250 gr tepung terigu
5 gr garam
205 gr shortening
120 ml air

Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 210 derajat celcius.
1. Campur tepung dan garam dalam sebuah wadah. Masukkan shortening sampai adonan membentuk butiran-butiran, kemudian campur dengan air dan bentuk adonan menjadi bola. Lalu bungkus adonan dengan plastik, masukkan dalam kulkas selama 4 jam atau semalam.
2. Giling adonan pada permukaan meja kerja yang sudah ditaburi tepung sesuai bentuk yang diinginkan. Letakkan dalam cetakan atau loyang pie (sebelum masuk oven, gue lapisi permukaannya dengan putih telur, supaya nanti kalau diisi filling, gak gampang rembes).
3. Pie siap dipanggang selama 15-20 menit atau sampai permukaannya keemasan.

Catatan :

Jika perlu, air tidak usah digunakan semuanya, boleh saja dikurangi.

Fresh Strawberry Filling

Bahan :
250 gr strawberry segar
100 gr gula pasir
15 gr tepung maizena
90 ml air



Cara membuat :
1. Hancurkan/cacah strawberry. Campur dengan gula pasir di dalam saucepan. Masak dalam api sedang. Didihkan.
2. Dalam wadah kecil campur tepung maizena dan air. Pelan-pelan masukkan cairan ke dalam saucepan berisi strawberry. Kurangi panas sampai adonan menjadi kental, kurang lebih 10 menit, sambil diaduk-aduk.
3. Setelah dingin, letakkan Strawberry Filling ini di atas Pie yang sudah matang, boleh dikombinasi dengan potongan strawberry segar. Dinginkan sebelum disajikan.

Sumber : Allrecipes

* * *

Pie Crust

Ingredients :
250 g all-purpose flour
5 g salt
205 g shortening
120 ml water

Directions :
1. In a large bowl, combine flour and salt. Cut in shortening until mixture resembles coarse crumbs. Stir in water until mixture forms a ball. Divide dough in half, and shape into balls. Wrap in plastic, and refrigerate for 4 hours or overnight.
2. Roll out dough on a floured counter. Don't over work it. Use as directed in pie recipe.

Note:

If necessary, use a little less water than called for in recipe.

Strawberry Filling Recipe

Ingredients :
250 g fresh strawberries
100 g white sugar
15 g cornstarch
90 ml water


Directios:
1. Arrange half of strawberries in baked pastry shell. Mash remaining berries and combine with sugar in a medium saucepan. Place saucepan over medium heat and bring to a boil, stirring frequently.
2. In a small bowl, whisk together cornstarch and water. Gradually stir cornstarch mixture into boiling strawberry mixture. Reduce heat and simmer mixture until thickened, about 10 minutes, stirring constantly. Pour mixture over berries in pastry shell. Chill for several hours before serving.

Source : Allrecipes

No comments:

Post a Comment

thanks for dropping by :)