7.27.2006

Cupcakelicious!

Lagi gak punya ide buat bikin kue ulangtahun? Menurut gue, birthday cake gak musti berbentuk sebuah cake besar. Kenapa gak coba bikin cupcakes (rasa apa aja terserah) yang banyak, terus didekor warna-warni senada/satu tema. Abis itu susun deh sesuai selera. Materi dekornya juga bisa macem-macem, pake fondant okeh, pake buttercream hayuk atau malah pake buah-buahan. Tambahin lilin, jadi tuh birthday cake yang unik. Buat goody bags juga lucu. Dikemas dalam kotak cantik plus pita, bisa juga jadi hantaran yang manis. Simple dan berkesan.



Gatau kenapa, gue seneng aja liat cupcakes. Kalo liat gambar-gambar cupcakes dengan dekor yang lucu-lucu, rasanya seneng banget. Kecil-kecil imut, tinggal sekali makan gak perlu motong-motong *itu mah rakus* dan the fun part-nya adalah saat mendekor kue-kue mungil itu. Rasanya berjuta ide berebutan pengen keluar dari kepala minta diwujudin, sampe akirnya bingung sendiri karena sok kebanyakan ide...hehehe...



Sejarah cupcakes konon dimulai pada abad ke-19. Kenapa dinamakan "cup" cakes, karena pengukuran bahan-bahan tidak menggunakan timbangan melainkan memakai ukuran cup. Disamping itu, adonan cake ini ditempatkan pada cup-cup kecil yang biasa digunakan untuk muffin.

Cupcakes ini gue bikin pake sponge cake tanpa mentega. Rasanya ringan, pas ditambahin sama buttercream frosting...hmmm YUMMY!! Bikin endut deh!!




Vanilla Sponge Cupcakes

Bahan :
100 gr tepung terigu
50 gr maizena
1/8 sdt garam
5 btr telur
120 gr gula pasir
1/4 sdt vanilli

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu, tepung maizena dan garam, aduk rata. Sisihkan
2. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan kental, masukkan vanilla bubuk. Aduk rata. Kemudian masukkan campuran tepung terigu sambil diayak, aduk perlahan-lahan hingga tercampur rata.
3. Tuang adonan dalam loyang muffin dan dialasi kertas cup. (Dapat juga menggunakan loyang bundar/persegi, olesi permukaannya dengan minyak goreng). Oven adonan selama 25 menit dengan suhu 170°C hingga matang, dinginkan. Sajikan. Cake dapat dihias sesuai selera atau diberi hiasan butter cream/krim kocok di atasnya.

Sumber : Ririe Dekap

7 comments:

  1. Bagus bangeet Dit..pengen bikin dari dulu, tapi belum belum juga..jadi semangat bikin deh..

    ReplyDelete
  2. Thank U, Ne. Ayo dong bikin, gampang dan simple and the fun part-nya kan pas decoratingnya :) Kalo gak kemakan, ada yg mo nampung kok di bintaro :P

    ReplyDelete
  3. wah mbak , keliatannya enak. pengen bikin tapi baru inget klo telor habis...diluar ujan pula

    ReplyDelete
  4. Anonymous12:37 PM

    gimana sich cara bikin icingnya?

    ReplyDelete
  5. Anonymous7:28 PM

    waah.. lucu2 bgt.. Aq bikin cupcakes ga pernah sukses =(.

    ReplyDelete
  6. waaah blom pernah ni bkin yang ga pake mentega /margarin, boleh di coba niii resepnya :)

    ReplyDelete
  7. waaah blom pernah coba ni yang ga pake mentega....dicoba deh resep yang ini hehee

    follow blog aq ya mba :)

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)