7.20.2006

Donut Blues Syndrome

Dulu, jaman kecil, ada tetangga sebelah rumah yang selalu dengan baik hati ngasih hantaran donat kentang. Uenyak deh donatnya. Waktu pertama kali dibilangin itu donat kentang, sempet bingung juga, kok gak ada rasa-rasa kentangnya kayak french fries gitu? *dooh!*



Pas kebetulan punya bahan-bahannya, jadi pengen nyoba ah! Awalnya semua berjalan lancar, gue coba bikin pake mixer gak diulenin pake tangan. Sampe akhirnya gue bingung, kok adonan gue gak kalis-kalis. Sementara mixer gue mulai menunjukkan gejala aneh, adonan nyiprat kemana-mana. Sebenernya tau diri juga sih, si mixer murah ini tidak diciptakan untuk bekerja keras ngadonin roti :D, tapi yang punya tetep nekad! Tapi ya udah diterusin aja.


Gue liat kok adonan gak kalis-kalis, sementara semua takaran bahan sudah sesuai dengan resep. Sempet chatting sama mbak Yuli Proyekdapurku, dia juga penasaran ada apa gerangan dengan adonan donat gue. Sementara gue udah terlanjur mutung, karena udah banyak tambahan terigu yang gue cemplungin supaya kalis, tapi gak jadi-jadi. Akhirnya gue diemin aja tuh adonan, gue istirahatin *udah stres banget kali tuh adonan!*. Lagipula gue takut malah jadi keras kalo gue tambahin tepung terus. Ngembang sih ngembang tapi gitu deh...masih lembek ke mana-mana, dipegang lengket-lengket.

Akhirnya gue putusin untuk membagi adonan kecil-kecil dan masing-masing gue tambahin tepung lagi. Gak kuat lama-lama di dapur, akhirnya cuman jadi 9 adonan yang kebentuk, itupun dengan bentuk yang gak "senonoh" segede-gede gaban! Karena udah gak sabar nyetak donat kecil-kecil. Arwen ikutan bantuin juga loh, nabur-naburin tepung di lantai, ngaduk-ngaduk adonan pake sendok makannya, makanin adonan mentah..hwahahahaha...itu juga yang bikin gue makin "kemrungsung" dan gak sabaran.

Setelah dicetak (manual pake tangan), gue diemin sebentar, baru deh abis itu digoreng. Lah loh...terus sisa adonan dikemanain?? Maaf yah....dibuaaannggg *ngacir*.

Begitu dingin, untuk menutupi penampakan sebenernya yang "mengerikan", gue langsung ngeluarin aneka sprinkles warna-warni dan sisa buttercream buat ngasih topping si donat. Kalo dipandang sepintas emang keliatan fine-fine dan cantik-cantik aja sih. Coba kalo gak dipakein topping, kayak begini nih jadinya...hwahahahahaha!!!!



Eh tapi yang menghibur...ternyata rasanya gak mengecewakan loh!

Mbak Yuli Proyekdapurku sempet nawarin minjemin mixer BOSCH baru-nya *uhhuuyyy...thank you mbak, next time yah* tapi gue udah terlanjur gondok dan masih sebel mikirin donat jadi untuk sementara ditolak dulu tawaran manisnya.

Kalo ada yang mo nyoba, ini resep Donat Kentang-nya Pak Sahak Pribadi. Dan maaf untuk sementara, gue masih trauma bikin donat dan sesuatu yang berbau-bau roti.

Donat Kentang

Bahan :
750 gr tepung cakra
250 gr tepung segitiga
250 gr kentang kukus, haluskan
1 bks Fermipan
50 gr susu bubu
250 gr gula halus
1 sdt garam
1 sdt baking powder
1 sdt bread improver
4 btr kuning telur
150 gr margarin
500-700 cc air es

Cara membuatnya :
1. Campur semua bahan kering jadi satu lalu aduk sampai rata.
2. Masukan kuning telur lalu aduk sampai rata.
3. Tuangkan air secara bertahap sambil menguleni
4. Masukan margarin, lalu uleni lagi sampai tidak lengket (kalis). Bulatkan adonan dan diamkan selama 30 menit.
5. Timbang adonan dan dibentuk lalu lubangkan tengahnya dengan jari.
6. Setelah selesai semua diamkan lagi selama 20 menit (sampai mengembang).
7. Goreng dengan api sedang sampai warnanya kecoklatan.

Sumber : Sahak Pribadi dan NCC

2 comments:

  1. Huahaha nipu banget tuh photonya yang pertama..gue geli sendiri bacanya.Tapi hebat euy semangatnya.Sama banget kasusnya ama gue. Mo ikutan kursus pastry di Bogasari, tp katanya adonannya ga bisa diulenin pake mixer Phillips Cuccina rumahan punya gue. Yaahhh batal deh! Sediiih bangeettt..

    ReplyDelete
  2. hallo mba,salam kenal ya.hehehe saya ngakak baca tulisan mba.tapi mba tak kasih tau ya,donat bikinan mba itu malah donat asli norwey lho mba.hehehe

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)