7.25.2006

Hotcakes to Brighten Your Day

Hotcakes apa sih?

Hehehe...Hotcakes, griddlecakes, flapjacks, french crepes, crespelle, drop-scones, pikelets, pfannkuchen, palatschinken hanyalah sebagian kecil dari istilah "
pancakes" yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Makanan ringan tapi mengenyangkan ini ternyata adalah makanan yang universal, hampir tiap negara punya variasi dan istilah pancakes tersendiri. Walaupun masing-masing negara memiliki modifikasi dan variasi pancakes, tapi rata-rata bahan dasarnya hampir sama, tepung terigu/gandum, telur dan susu. Pemberian topping juga bisa sangat variatif tergantung selera, mulai dari sirup maple yang manis hingga topping yang gurih dan spicy.



Yang paling populer adalah British Pancakes dan Canadian/American Pancakes. Seperti halnya muffin (yang udah pernah gue posting sebelumnya), pancakes asal British tidak menggunakan bahan tambahan macam-macam, hanya tepung terigu/gandum, telur dan susu. Berbeda dengan pancakes asal Amerika yang biasanya
menggunakan raising agent seperti baking powder atau yeast sehingga menghasilkan tekstur yang lebih light.

Kali ini, gue nyoba resep American style, yang pake tambahan yeast. "Contekannya" dapet dari teh Uceu, yang merupakan resep modifikasi poffertjes keluarganya. Hhhhmmm...rasanya emang lebih light dan lebih lembut. Dipadu dengan saus karamel...udah pasti soooo YUMMY!! Cocok buat breakfast cepet-cepetan dan gak ngerepotin.

Buat Arwen, gue cetak-cetakin bentuk bunga dan daun, pake cetakan kue kering dan cut off-nya fondant, supaya lebih menarik. Sementara gue sendiri prefer model konvensional dibikin agak tipis, dan menghasilkan pancakes yang agak-agak garing kriuk-kriuk. Untuk saus karamelnya, biasanya gue menggunakan campuran gula pasir, sedikit mentega dan krim kental yang dimasak hingga menjadi karamel...maaf takarannya biasanya kira-kira aja...hehehe...



Pancakes

Bahan :
200 gr tepung terigu
50 gr maizena
100 gr gula pasir
3 butir kuning telur
1/2 sdm yeast
1/3 sdt baking powder
200 ml susu cair (gue campur dengan krim kental dengan perbandingan 1:1)
50 gr butter cair
1/3 sdt garam
100 gr keju cheddar parut (gue gak pake)

Bahan Topping :
Sesuai selera

Cara membuat :
1. Campurkan dan kocok/aduk seluruh bahan diatas kecuali garam, keju cheddar dan mentega cair. Diamkan selama 30 menit.
2. Tambahkan mentega cair , keju dan garam, aduk rata.
3. Panaskan cetakan/wajan pancakes dan olesi mentega. Cetak adonan dengan diameter 10–12 cm (tergantung selera). Masak sampai adonan 1/2 matang, kemudian balikkan .
4. Angkat, dan sajikan dengan topping pilihan.

Sumber : Uceu, Wikipedia

1 comment:

  1. Anonymous10:33 AM

    do you have an English version? :)

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)