7.30.2006

Batagor Riri

Yang doyan batagor, pasti kenal deh sama Batagor Riri asal Bandung yang mengklaim dirinya sebagai Batagornya Celebrities *apa coba?*. Daku sendiri sih belum pernah nyobain :). Nah, yang gue praktekin sekarang, bukan Batagor Riri Bandung, tapi Batagor Riri Dekap, mamanya Dave...hehehe...



Bosen yang manis-manis, makan batagor yuk pake sambel kacang...hhmmmm...YUMMY!!



Batagor

Bahan :
250 gr ikan tenggiri, haluskan (karena dapet tenggiri cuman dikit, gue bagi 1:1 dengan udang)
250 ml air es (gue kurangin jadi cuman 100 ml)
250 gr tepung kanji (gue kurangin jadi 200 gr)
2 batang daun bawang, iris tipis
2 batang seledri, iris tipis
3 siung bawang putih, cincang halus
1/2 - 1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
6 buah tahu putih, ukuran 4 x 4 x 2 cm (gue pake 8 buah tahu putih)
8 lembar kulit pangsit (gue jadiin 12 pangsit)
minyak untuk menggoreng

Pelengkap :
kecap manis
saus cabai
jeruk limau
saus kacang (kalo lagi males, gue pake bumbu pecel aja...kekekek)

Cara membuat:
1. Campur ikan dan air es, uleni sampai adonan tercampur rata. Tambahkan tepung kanji, daun bawang, seledri, bawang putih, merica dan garam, aduk rata. Bagi adonan menjadi 3 bagian masing-masing untuk isi tahu, isi pangsit dan satu bagian untuk bakso.
2. Potong diagonal masing-masing tahu menjadi 2 bagian (bentuk segitiga). Lubangi potongan tahu di tengahnya, sisihkan remah-remahnya. Campurkan adonan untuk isi tahu dengan remah-remah tahu, lalu isikan adonan tersebut ke dalam tahu. Lakukan hingga semua tahu terisi, sisihkan. Ambil selembar kulit pangsit isi dengan adonan ikan, satukan ujung-ujungnya ke atas, hingga sisi-sisinya saling merekat. Lakukan hingga kulit pangsit habis, sisihkan.
3. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, goreng tahu isi dan pangsit hingga kuning kecoklatan, angkat, tiriskan, sisihkan.
4. Ambilkan sisa adonan ikan, bentuk dengan bantuan 2 sendok, langsung masukkan ke dalam minyak panas. Goreng hingga kuning kecoklatan,
angkat, tiriskan, sisihkan.
5. Taruh tahu isi, pangsit dan bakso goreng di atas piring saji, biarkan utuh atau potong-potong, tuang saus kacang di atasnya. Hidangkan dengan saus cabai dan kecap manis, lalu beri perasan air jeruk limau.

Sumber : Riri Dekap

2 comments:

  1. Wadauuww... selain nikmatin photo makanannya aku juga cucimata piring sajinya tuh. Piringnya batagor itu punya corelle kan ??? hehehehe... (lagi ngiler ngebayangin batagor)

    ReplyDelete
  2. hai hai mbak Rita!! Gile...jeli amat mbak, iya bener piring yg putih itu Corelle, kalo yg ijo item itu mah Mikasa Stoneware :) Ngoleksi piring ya, mbak?

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)