7.17.2006

Siomay Kembang

Udah beberapa hari tukang siomay keliling langganan, ditunggu gak dateng-dateng padahal mulut dah pengen ngunyah siomay. Setelah dipikir-pikir, ternyata udah lama juga gak bikin siomay. Akhirnya sok inisiatif bikin sendiri :). Tiap kali bikin siomay, gue pake resep ini, yang gue dapet dari tabloid AURA. Gampang banget dan gak ribet. Belum pernah nyobain resep lain. Udah beberapa kali mampir ke tempat Ririe dan ngeliatin resep siomay-siomay-nya yang YUMMY, tapi belum sempet nyoba terus.



Secara penampakan memang agak "gelap" karena resep ini pake kecap asin, sehingga mempengaruhi warna si siomay. Tapi rasanya sih teteup YUMMY! Kalo gak punya kulit pangsit, gak pake juga gak papa, tinggal dibentuk sesuai selera aja.



Siomay Kembang

Bahan :
250 gr daging ikan tenggiri, haluskan
garam, gula, merica secukupnya
1 sdt bawang putih halus
1 sdm kecap asin (gue pake soybean sauce kikkoman...hehehe..maklum, fanatik sama kikkoman)
50 gr bengkuang, cincang halus, tumis
1 btr putih telur
2 sdm tepung kanji
2 sdm daun bawang irisan
20 lbr kulit pangsit

Pelengkap :
saus sambal botolan, atau
bumbu kacang

Cara Membuat :
1. Campur ikan, bawang, garam, gula, merica, kecap asin, bengkuang, putih telur, tepung kanji, dan daun bawang. Aduk rata.
2. Siapkan kulit pangsit. Isi dengan 1 sendok makan adonan. Bentuk siomay (gue pake bantuan cup-cup untuk ngukus bolu kukus).
3. Kukus selama 20 menit.
4. Sajikan dengan saus sambal botol atau bumbu kacang (gue bikin bumbu kacang pake bumbu pecel trus ditambahin cabe...praktis bow!).

Sumber : Tabloid AURA


No comments:

Post a Comment

thanks for dropping by :)