7.24.2006

Tiwul dan Pecel

Hari Minggu waktunya leyeh-leyeh. Pas Arwen baru sembuh sakit juga, jadi gak mood masuk dapur. So, brarti...jajan time! Maaf ya, no recipe for today!

Sarapan pagi diawali dengan Tiwul *cute name..hehehe*. Termasuk makanan langka nih, udah jarang yang jual kecuali di pasar-pasar tradisional. Surprise aja ternyata di kompleks perumahan gue masih ada yang jual.

Tiwul yang asli Jawa ini terbuat dari menir atau orang biasa menyebutnya kepala beras, dimasak dengan cara dikukus dengan gula merah kemudian ditaburi kelapa parut. Dalam perkembangannya, Tiwul ditemani oleh Ciwel, Cenil, Ketan Item dan lain sebagainya. Banyak macem variasinya. Semuanya mengandung bahan dasar tepung beras, tepung sagu dan ketan.




Yang berbentuk butiran berwarna coklat gula itu namanya Tiwul. Kalo yang berwarna hitam dan coklat terus dipotong kotak-kotak namanya Ciwel (untuk mendapatkan warna hitam, si pembuat menggunakan merang yang dibakar kemudian direbus dan diperas untuk mengambil warna hitamnya). Trus ada Cenil si centil merah jambu yang terbuat dari tepung sagu. Dan pelengkap lainnya adalah Ketan Item.


Buat lunch, manggil tukang pecel keliling. Baru kali ini nyobain yang lewat, ternyata enak. Hmmm...YUMMY! dimakan pake lontong dan bakwan goreng. Pecel juga asli Jawa, terdiri dari sayuran rebus kemudian disiram bumbu/saus kacang. 1 Porsi cukup nendang juga!


5 comments:

  1. Anonymous3:00 PM

    setahu saya yang namanya tiwul bukan dari beras maupun menir mbak, kl keterangan mbak diatas dipraktekkan dijamin gak bakalan jadi tiwul. jadi mendingan komentar aja enak apa nggak enak apa aneh rasanya, soalnya jadi ndak enak bacanya. resep masakan luar indonesia sepertinya canggih banget, giliran masakan tradisional negara sendiri malah belepotan.

    ReplyDelete
  2. mohon maaf kalo ternyata saya salah menginformasikan. Kalo memang Anda tau cara membuatnya ya tolong diinformasikan yg benar, mbak/mas Anonymous. Informasi mengenai tiwul dkk itu juga saya dapatkan dari bpk ibu saya. Saya memang gak jago masak :), masih banyak belajar. Apalagi masakan Indonesia yg khas dan unik. Jadi ya maaf aja kalo emang saya belepotan. Silahkan bantu saya meluruskan kalo memang Anda tahu. Sebagai orang Indonesia saya bangga dengan keunikan masakan khas Indonesia.

    ReplyDelete
  3. rully8:21 AM

    bhahahahah.. mbak/mas anonymous sinis amat commentnya. kl ada yg salah ya diluruskeun aja tanpa harus berkata sinis. mbak dita emang suka belepotan. tapi kl abis makan aja. hehehehe..:P

    ReplyDelete
  4. jiahhh si mbak/mas anonymous sewot.. kalo mba dita salah mbok yea di benarkan, di kasih tau mana yg salah, semangat 45 amat nyela nya.. di liat dr poto ajha bagus,apalagi rasanya. kalo anda emang lebih jago or mungkin itu makanan penciptanya nenek moyang anda, soook tauh publish blog resep2 nya jd kita bisa liat resep orang hebat yg ngatain org lain belepotan..

    ReplyDelete
  5. Mungkin meluruskan juga, Tiwul memang terbuat dari Ketal Pohon. Setahu saya makanan ini berasal dari Gunungkidul (kebetulan saya lahir disana). Proses pembuatan tiwul memang tidak instan, namun secara singkat ini ada informasi yang saya temukan di Google menurut saya bisa jd refernsi :
    http://bukumasaku.blogspot.com/2007/08/timul.html

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)