7.22.2008

HFP # 3 : Studio - The Round Up!!

Many many thanks untuk my dearest friends yang sudah meluangkan waktunya untuk berpartisipasi dalam event ini. Excited rasanya menerima entry dari teman-teman yang tinggal tersebar di berbagai penjuru dunia tapi mempunyai minat dan passion yang sama dalam dunia food photography.

Tema event ini memang dibuat fun, lucu dan terkadang nyeleneh (baca : aneh). Melalui cara ini, diharapkan ada hal-hal yang bisa dipetik dan dipelajari sebagai sesama Home Food Photographer, secara santai dan fun. Kali ini temanya adalah Studio....Iya studio odong-dong, jangan dianggap studio fancy dengan segala peralatan mahal ya. Mau tau kan rahasia di balik foto-foto cantik temen-temen Foodie Blogger berikut ini? Gimana settingnya, dll?

OK, are you ready for The Round Up????

Here they are!!
1. Ayin dari AG's Food (Norwegia)



Makasih Yin, gak sampe 5 hari dirilis pengumumannya, kamu udah setor!! Top banget deh semangatnya. Ayin ini rela gotong sana-sini di halaman buat dapetin angle dan cahaya yang bagus. Untung punya halaman ya, Yin, jadi kamu bebas motret, jumpalitan, jungkir balik....hehehe.....mo motret apa sirkus sih? Cerita lengkapnya di sini .

2. Rita dari Mochachocolata-Rita (Hong Kong)



Hihihihi.....Rita ini banyak akalnya. Biarpun apartemennya kecil, dia tetep lihai menggunakan spot-spot yang ada walopun resikonya cedera punggung :D. Cek aja aksi hebohnya di sini!

3. Dhita Beechey dari Cooking Etcetera (China)



Waahhhhh Dhi lumayan serius nih! Niat bikin soft box. Berhubung cuaca memang sering gak bersahabat, ya mau gak mau memang harus pake soft box. Kali-kali ada yang mau belajar bikin soft box, mampir aja ke sini ya. Nyimpennya ati-ati Dhi, nanti digaruk-garuk kucing lagi! :D

4. Zita Abharee dari Simplicious (Yordania)



Yup hampir sebagian besar para Home Food Photographers mengandalkan window lighting. Liat aja yang dilakukan Zita, rela numpuk-numpuk meja di samping jendela supaya mendapatkan cahaya yang diinginkan. Ati-ati jangan angkat-angkat yang berat-berat, nanti sakit pinggang :P.

5. Regina Budiardjo dari Estudia 14 (Australia)



Bersyukurnya jadi Re yang punya dapur gede, bersih dan lega. Tengok aja tuh dapurnya yang kinclong! No wonder bisa dijadiin studio odong-odong.

6. Arfi Binsted dari Through My Lens (New Zealand)



Sebuah pojok yang sederhana ternyata ada di balik foto-foto cantiknya. Masi gak percaya sama foto di atas? Mampir ke sini! Arfi gak punya studio fancy.

7. Vin Wong dari Enjoyable Baking (Indonesia)



Waduh waduh, senengnya punya sebuah lantai yang didedikasikan untuk baking ;). Jadi lega ya, Vin, bisa sekalian buat pojok foto-foto. Pantes aja bakingnya jadi enjoy :D. Intip yuk studio odong-odong di lantai 2 rumahnya.

8. Ambar dari Mlaku-Mlaku (Amerika)



Asik banget punya dapur gres ya, Mbar, puas berbaking ria dan makin rajin bikin food photos. Foto-foto makanan hasil karyanya berkesan sederhana dan cantik. Mau diskusi sama Ambar soal photography, mampir ke sini aja, sekalian nengokin studio odong-odongnya :).

9. Dwiana Porter dari The Adventure of My Cooking Diary (Amerika)



Seru banget ya Dwi, punya alternatif motret di halaman kalo motret di dalam rumah lagi gak memungkinkan, gitu juga sebaliknya. "Studio" alam di halaman rumahnya bisa diliat di sini.

10. Retno Prihadana dari Kedai Hamburg (Jerman)



Penasaran kan kenapa foto-fotonya mbak Retno selalu bertaburan bunga-bunga cantik. Ketauan deh sekarang!!! :D. Liat studionya yuk!!! Huhuhuhu...sirik sama halamannya!! ;)

Ada satu kutipan yang gue suka dari mbak Retno : Jadi, Home food photography ini paling tidak merupakan hasil karya, yang melewati proses masak memasak, tidak cukup hanya sekali jepretan, hasil kreativitas yang memerlukan waktu dan tenaga (wira-wiri turun tangga, keluar masuk ruangan sembari gotong-gotong perabot, makanan, menata ulang dlsb, dst)....soooo...please don´t steal our pictures, ask first!

11. Mae dari Mae's Little Kitchen (Indonesia)



Mae punya tempat favorit untuk motret makanan di teras belakang rumahnya. Soalnya tempatnya strategis deket dapur. Beratapkan langit, berlimpah sinar dan gak musti repot gotong-gotong properti foto. Cerita lengkapnya di sini.

12. Elsye dari Dari Dapur Saya (Jepang)



Nih, perlengkapan lenongnya Elsye : kursi lipet kayu, buku buat ganjel, selembar styrofoam sama maenan puzzle anaknya yang dilapisin alumunium foil buat reflektor. Percaya gak dengan alat sesederhana itu bisa bikin foto-foto bagus. Yuukkk buktikan di mari!

13. Fitri dari Rumah Manis (Amerika)



Fitri buka kartu soal kegiatan fotonya. Mau liat gak studio lainnya selain foto di atas? Fufufufufuuuuuuuuu....jealous gue dengan backyard lo!!!!! Ati-ati keujanan ya, mak!

14. Rurie dari Just A Thought (Belanda)



Heboh juga suasana studio odong-odongnya. Apalagi kalo si meong udah ikut-ikutan :P. Cerita lengkapnya di sini ya.

15. Mindy dari Mindy di Caracas (Venezuela)



Wooohooooooo sedep banget kan actionnya!!! Belum lagi ngeliat studio odong-odongnya yang berlimpah sinar gitu. Gak di dapur, gak di ruang makan, jendelanya gede-gede gitu *ngiler*. Intip deh karya cantiknya di studio odong-odong di sini.

16. Sefa dari Food is Love (Jerman)



Istilah studio asal goblek pertama kali gue denger dari Sefa dan kata-kata ini "asal goblek" pas banget menggambarkan bagaimana studio foto para home food photographers ini :D. Sama kayak gue, Sefa sering mengandalkan kardus-kardus bekas di studio odong-odongnya. Kalo kurang tinggi mejanya, ya tambahin ada kardus bekas :P. Setelah baca entry-nya Sefa dan Rita, gue juga makin sadar, sebagai Home Food Photographer kita dituntut untuk punya badan yang lentur untuk mendapatkan angle-angle asik....bwahahahaha.....

17. Yuli dari Bundacorner (Indonesia)



Ternyata banyak juga temen-temen kita yang gak beruntung bisa mengejar window light. Alhasil lampu meja yang diandalkan. Seperti halnya Yuli, yang sering gak punya waktu di pagi hari karena beliau bekerja, akhirnya kesempatan motret baru bisa dilakukan malam hari atau weekend. Gak ada natural lighting, toh kegiatan foto bisa terus berjalan. Yuk intip studio dan set-nya :).

18. Lidia Sianturi dari Bianca's Mom (Canada)



Asiknyaaaaa yang punya balkon!!! Ibu hamil ini masih giat aja ber-Home Food Photohraphy walopun perut semakin membuncit. Cerita lengkapnya ya.

19. Lia Gurun dari Lia's Home (UAE)




Tadinya gak pede ikutan, tapi setelah dapet gambaran betapa odong-odongnya "studio" gue, Lia langsung mau join. Bayangannya semua studionya canggih-canggih ya, Li? Tempat strategisnya ada di pinggir jendela *toss dulu ah*. Ngrasain ya Li tinggal di apartemen kecil, agak-agak tricky nyari spot :). Cerita lengkapnya di sini ya.

note : berubung ada yang lupa kirim foto karna mikirnya udah summer vacation aja....huekekekekkkk....sorry gue copy dari blog lo fotonya.

20. Dita dari My Culina Sanctuarium (Kuwait)



Gak jauh beda sama temen-temen yang lain, gue punya spot andalan di pinggir jendela apartemen. Ya berhubung tinggal di apartemen jadi cuman bisa ngiler liat temen-temen yang punya backyard ;). Ada 2 spot favorit di apartemen gue. Satu ada di kamar tidur, yang fotonya ada di atas itu, satu lagi di living room, fotonya ada di sini.

21. Rachmah dari Ordinary Woman with Great Obsession (Indonesia)




Rachmah dengan semangatnya gak mau ketinggalan. Liat deh gimana beliau beraksi di "studio" odong-odongnya bersama asisten cilik.

22. Yohana dari Foot Print (Indonesia)



Mau liat studionya MamaJo yang penuh ganjelan? Loh kok ganjelan? Liat aja ke sini. Ganjelan-ganjelan ini berjasa loh menghasilkan foto-foto cantiknya ;).

23. Findrie dari Mamapindie's Kitchen (Indonesia)



Punya kursi putih gak ke pake? Jangan dikasih ke tukang abu gosok!!! Liat deh karya cantiknya Findrie yang hanya bermodal bangku putih yang udah mulai dakian...hwakakakakakkk!!

Sekali lagi buat temen-temen, thank you so much buat partisipasinya dan rela "rahasia" dapurnya diintipin. Mohon maaf kalo ada kekurangan atau salah-salah ketik nama atau yang merasa udah ngirim entry tapi gak ke round up. Silahkan kirim ulang e-mailnya supaya bisa gue ikutin dalam round up. Atau kalo ada yang masih mau ikutan, silahkan kirim foto studio odong-odongnya biar bisa dipamerin di sini ;).

See ya di the next event ya!!!

Related Links :
1. HFP # 1 : A Tiring Job! - The Round Up
2. HFP # 2 : Gila Properti! - The Round Up


17 comments:

  1. Regina11:29 AM

    emang sih, studio gak perlu yg bagus2 banget... toh ruangannya jarang diikutsertakan, cuma makanannya doang kan :D yg photographer pro aja, kadang ngefotonya di garasi, di warehouse dkknya. ;-p aku udah nemu pojok baru di gudang, tapi belum nyoba. soalnya dingin dan ujan melulu sih hehe

    ReplyDelete
  2. Diittt..kerenn booww round up nya, gue tunggu event berikutnya :D ...

    ReplyDelete
  3. 2 jempol Dit!
    Indonesian foodie blogger memang paling kreatif deh, studionya boleh asal goblek, tapi foto-fotonya dong ;;)

    tau gak Dit, dari event kayak gini, gue banyak belajar loh... jadi dapat insight gimana temen-temen motretnya

    thanks ya Dit, semoga next theme gue bisa ikutan lagi

    ReplyDelete
  4. hehehehh.... ngiler baru bisa onlen hari ini...
    congrats dwitt

    ReplyDelete
  5. ngileeerrrrr.... ngileeerrrrr....
    gak bisa ikutan.... baru sembuh hari ini..
    congrat dwitt !

    ReplyDelete
  6. Bravo! makasih ya Dit udah ngomandoin event yg keren ini...hope I can join the next one...cant wait!

    ReplyDelete
  7. hebaaaaaaaat..maak..!! kerja keras lo emang jempolan.. Doa gue semoga elo selalu sehat wal afiat..jadi event nya makin banyak qiqiqiqi..

    ReplyDelete
  8. *tepok tangan sorak gembira* owketawati round-up-nya. duh HFP berikutnya gw ga bisa ikatan euy, secara ga di Caracas.

    ReplyDelete
  9. aha...ternyata banyak sekali modifikasi. Kreatip banget semua!

    ReplyDelete
  10. Takjub gue ngeliat emak2 yg pada super kreatip. Maap ya gak bisa ikutan. Mudah2an laen kali bisa berpartisipasi.

    ReplyDelete
  11. good job bu dita.
    dengan begini gue kan bisa belajar kok bisa motoin makanan bagus2 gitu.

    makasih

    ReplyDelete
  12. thanks yaa dit ... seneng ngliyat studionya temen2 ... bisa nambah2in ide :). ditunggu event berikutnya, moga2 masih sempet ikutan sebelum vakum beberapa saat sampe urusan pindahan beres :)

    ReplyDelete
  13. Keren Dit, event nya sukseeeessss... I love reading the stories behind. Nice work, guys!!! :D

    ReplyDelete
  14. @ Regina : emang sebenernya kalo ada warehouse enak juga dimanfaatin jadi studio, Re.

    Elsye : sama-sama ya Sye.

    Sefa : makasih juga udah ikutan ya, Fa. Seneng bgt kalo bisa bermanfaat.

    Rita : uhuuukkkk, padahal pengen tau studio odong2nya si mpok :P

    Lidia : makasih ya

    Fitri : amin, sehat trozzzz!! makasih Fit.

    Mindy : ooppssss yaahhhh Mindoel. Mo liburan ya?

    Ambar : hihihihi....jadi tau kan studio temen2 kayak apa

    Sheila : sayang lo gak bisa ikutan yah. Mo nyusul ikutan apa? ;)

    Foni : hehehe....ikutan juga duong :P

    Yuli : mudah2an yg brikutnya bisa ikutan ya, Yul.

    Dhi : thanks darling!

    ReplyDelete
  15. great job Bu.. nungguin event berikutnya sapa tau udah ada arsipnya jd bs krm doloan :p

    ReplyDelete
  16. mbak dita.......studioku kagak masuk ya ?...padahal dah ngirim email...aku kirim sekali lagi deh ya...

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)