4.17.2008

Cemilan Rindu Kampung : Cireng

Jadi perantau di negeri orang, gak bisa dipungkiri rasa kangen akan makanan asal negara sendiri pasti pernah mendera. Terutama jajanan yah. Yang dulu gampang banget ndapetinnya, sekarang butuh perjuangan. Sebenernya gue pribadi gak pernah sih yang terlalu ngidam-ngidam amat pengen ini itu, karena emang dari awal gue sudah memposisikan diri gue, harus bisa beradaptasi dengan situasi dan keadaan di lingkungan baru *tssaaahhhhh dia ngeles*. Dan lagi masih bisa bikin sendiri juga. Untungnya di Kuwait ini mencari bahan baku untuk membuat makanan atau masakan Indonesia bukanlah sesuatu yang sulit. Maklum negara ini hampir 90%nya dihuni kaum pendatang dan kebanyakan berasal dari Asia. Jadi yang namanya Thailand Store/Philipine Store/Asian Store/Indian Store, termasuk mudah dijumpai. Satu hal pengecualian, yang gue pengen banget adalah.....MINUM TEH BOTOL SOSRO!!! Gue belum pernah nemu tuh di sini. Buat yang mampir di blog ini, everybody dan merasa tau di mana ada yang jual TEBOT alias Teh Botol di Kuwait, please infonya!!!! :D.

Beberapa minggu yang lalu, iseng pengen makan gorengan, blogwalking akhirnya nongkrong di tempat Arfi nemu Cireng-nya Rita Herni. Wah seru juga nih, makan jajanan jaman SD. Pas baca resepnya ternyata gak ribet, paling gue musti nyari tepung kanji aja. Dengan sok PD, gue yakin 100% di sini gak susah nyari kanji. Akhirnya pas weekend tiba, gue berburu tepung kanji. Sekali hunting gak nemu, yo wis nanti kita cari di tempat lain. Pas ke Carrefour nyoba nyari, gak nemu juga. Feeling jelek mulai merasuki gue nih, "jangan-jangan gak ada." Weekend pertama gagal nemuin kanji. Mari lanjut ke minggu depannya. Begitu weekend berikutnya tiba, niat hunting tepung adalah yang muncul pertama kali saat bangun tidur...huehehehehhheee....

Pokoknya tiap ada kesempatan, gue nyoba masuk ke toko-toko atau swalayan yang kira-kira representatif. Lagi lagi gak nemu! Walah emang gak ada kali ya di sini? Gue pikir seharusnya tepung kanji tuh mudah dijumpai loh *diihhh maunya sendiri!*, bukannya makanan Asia banyak yang pake-pake tepung kanji? Ya sutralah, gak papa deh gak jadi bikin Cireng.

Suatu ketika pas lagi belanja mingguan ke City Center, gak sengaja nemu Sago Seeds alias biji-biji mutiara. Tiba-tiba keinget lagi sama proyek Cireng itu *hiyaaaa masih penasaran dia!*. Pikir punya pikir, lucu kali ye kalo gue beli trus gue grind jadi tepung, mengingat bahan dasarnya yang sama dari sagu. Akhirnya gue beli lah itu bijian-bijian dengan semangat nge-ngrind mode on.



Beberapa hari kemudian *buset bikin Cireng aja butuh berhari-hari perjuangannya* gue semangat mo bikin Cireng. Mulai deh gue ngegiling biji-biji sagu itu pake chopper, nekat! Pas mulai nge-grind kok lama ya gak ancur-ancur? Semenit dua menit, 15 menit, setengah jam, sejam...lah loh, bijinya gak ancur-ancur. Getas banget! Dan chopper gue mule nunjukkin gejala yang nggak nggak. Gue sempet liat ada sedikit asep keluar dari bagian motornya. Yadah gue diemin dulu deh. Ohh...gue ada ide. Kasih air aja kali ye, biar gampang nge-grind-nya. Ternyata keputusan yang bodoh saudara-saudara! Don't try this at home :D. Setelah dikasih air, biji-biji itu jadi mengembang dan menjadi makin susah digiling. Tapi gue memaksakan kehendak. Akibatnya.....chopper gue jebuolllllll...hoaaaaaaaaa *nangis guling-guling*. Untuk sementara gue terpaksa puasa masak yang pake acara ulek-ulekkan bumbu...hiksss....karena gue emang tergantung banget sama si miss Moulinex chopperku ini. Gue gak punya ulekan, selalu pake si neng Moli *lagi ngarep Papin mau mbenerin dinamonya...please darling*...Ato kalo gak sekalian beli food processor baru aja apa ya?? *pletak disambit Papin*

Ya uding, nasi udah menjadi bubur eiits salah biji (sagu) sudah menjadi bubur. Daripada mubazir, nekat aja deh gue pake tuh biji-biji sagu yang udah ngembang. Gue masak dulu (pake santen) biar makin mateng. Tunggu dingin, abis itu baru dicampur sama tepung terigu. Pake acara keabisan tepung terigu pulak *glondang*, akhirnya dicampur dikit sama tepung maizena. Sebelum digoreng, gue niru metodenya Arfi, adonan yang udah dibentuk dibalur tepung maizena dulu sebelum masuk penggorengan. Akhirnyaaa....phuiiihhhh....jadi juga tuh Cireng :D. Walopun masih gak puas karena gak pake kanji beneran. Dah gitu waktu masih anget sih uenak, begitu dah dingin kayak makan sendal kecemplung semen...ahak ahak ahak!

Cireng

Owiyah, makannya pake sambel kacang. Berhubung chopper ambrol, jadi gue gak bisa nggiling kacang, akhirnya gue pake peanut butter dimasak sama saos asam manis, saus cabe dan vinegar.

Balakangan gue baru dapet info dari tetangga apartemen yang orang KBRI, tepung kanji emang susah, yang jual pun cuman di toko Ambassador.

Resepnya di Dapurnya Rita yah :).

2 comments:

  1. wekekekek DItaa..itu talenan kayu kayaknya emang magic yak..:))

    ReplyDelete
  2. Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://kuliner.infogue.com/cemilan_rindu_kampung_cireng

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)