5.05.2008

Home Food Photography # 1 : The Round Up

Yuhuuuuuu...tok tok tok tok tok!!! *sambil mukul kentongan* mari berkumpul! Berhubung gue punya waktu agak luang jadi bisa ngeround-up lebih cepet dari yang gue jadwalin yaitu tanggal 7 Mei.

Seri Home Food Photography ini merupakan event pertama yang gue bikin. Idenya sih tentang ide-ide kreatif atau kejadian-kejadian di balik layar dari sebuah sesi pemotretan rumahan. Jadi event ini bukan untuk nampilin foto-foto makanan yang bagus-bagus dan ciamik tapi justru ide dan kejadian di balik layar sehingga bisa menghasilkan foto-foto cantik.

Tema pertama yang gue angkat adalah tentang Home Food Photography sebagai pekerjaan yang melelahkan "Home Food Photography : A Tiring Job! Is It?!". Sebenernya sih berangkat dari pengalaman sendiri juga, yang kalo abis motret-motret makanan ujung-ujungnya pasti capek beberes belum lagi harus sambil ngurus krucils :D. Cerita mengenai pengalaman gue bisa baca di sini.

Gue tau, gue pasti gak sendiri. Banyak temen-temen foodie blogger di luar sana yang merasakan hal yang sama dengan gue. Apalagi Ibu-Ibu yang udah punya buntut :D. Kebayang deh gimana serunya sesi pemotretan mereka yang "dibantuin" sama krucil-krucilnya. Hebat-hebat memang perempuan-perempuan ini, punya talenta yang gak diragukan. Melakukan semuanya sendiri dan menghasilkan karya yang patut diacungi jempol. Event pertama ini memang gue dedikasikan untuk temen-temen foodie blogger gue yang serius menekuni food photography dan rela bersusah payah untuk menghasilkan sebuah karya food photography yang cantik.

Not bad, untuk event pertama ini terkumpul 10 entry, sebenernya diluar bayangan gue. Kemaren sempet mikir, 5 orang yang masukin entry aja udah syukur. Gue gak menyangka 10 orang temen-temen gue ini begitu semangat dan penuh passion menjalankan kegiatan food photography-nya dan mengirimkan entry mereka.

Ok, Ibu-Ibu kreatif...nih dia round up-nya, silahkan dinikmati. Terimakasih atas partisipasinya. Ketemu lagi di the next event ya....tunggu aja ;).

Ayin of Casserol and Wok Orchestra


Setelah selesai bertempur membuat cendol, Ayin melakukan sesi pemotretan "dibantu" Noni kecil-nya. Si Noni ikut bantu-bantu Mami....iya nyemplung-nyemplungin batu ke dalam gelas cendol...xixixixiii...lah piye toh, jadinya es cendol pake batu dong, Yin? Dapet salam juga dari sendal butut ya. Pantes cendolnya bau asem...wakakakakk!! Selengkapnya di sini.

Arfi of Homemades


Mpok satu ini paling doyan ikutan event, gue demen banget dah. Selalu gerak cepat dan pinter membagi waktu antara kesibukannya sendiri dengan kegiatan dengan Ben dan Sarah, buah hatinya. Ribet memang, kalo motret sambil momong anak, tapi Arfi bisa-bisa aja tuh. Patut diacungi jempol atas komitmennya yang kuat dalam memprioritaskan krucil-krucilnya. Apalagi beliau menerapkan home schooling juga pada anak-anaknya. Yuk belajar dari ibu yang satu ini di sini.


Mae of Mae's Little Kitchen


Ibu satu anak ini mau banget belajar dan gak malu bertanya. Punya hasil foto yang semakin lama semakin menunjukkan perkembangan yang berarti. Memberdayakan meja belajar Tasya untuk studio foto dadakannya. Dan melakukan aksi sogok-menyogok dengan Tasya supaya si kecil anteng. Hihihihi...disogok pake apa ya? Ada di sini ceritanya.

Regina of Estudia 14 (bener begicu Re, tulisannya? xixixixi)


Berhubung belum punya buntut, akhirnya memberdayakan suami...hahahaha...pinter lo Re! Kamar tidur atau garasi bisa dijadiin studio. Ngakunya amatir tapi coba deh liat sendiri di sini. Bo, urusan cuci-cuci piring memberdayakan suami juga gak? :P

Dwiana of The Adventure of My Cooking Diary


Food Photography merupakan hobi barunya dan sering membuat Dwi termimpi-mimpi (hayooo mimpi apaan?). Kalo mau motret perut harus kenyang dulu, kalo nggak, kreativitas gak nongol. Aksi motretnya suka jadi bahan senyam-senyum para tetangganya. Hihihihi...mungkin karena serius banget, si Nate kecil juga jadi pengen jailin emaknya, toel-toel makanan, pindah-pindahin piring yang udah di set atau narik tripod. Selengkapnya di sini.

Dyah of Dyah's


Menurut Dyah, melakukan kegiatan home food photography itu cape-nya kayak kopi sachet-an 3 in 1. Wakakakakkkk!!! Kok bisa? Jawabannya di sini. Saking semangatnya foto-foto kadang si mbak asistennya juga ikutan semangat :D. Udahlah Dy, terima aja tawaran suami untuk beli DSLR *wink*

Ervita of Mum's Homemade


Mami Vita bilang, dulu saat-saat melakukan pemotretan makanan adalah waktu-waktu egois-nya. Pokoknya harus serius, gak boleh diganggu gugat. Sejalan dengan waktu, ia harus berkompromi dengan situasi dan kondisi. Gimana cara supaya hobi tetap tersalurkan dan urusan anak-anak gak terbengkalai. Baginya Home Food Photography memang melelahkan tapi sekaligus menyenangkan. Belajar yuk dari mami Vita, di sini.

Elsye of Dari Dapur Saya


Elsye mengakui Home Food Photography itu melelahkan. Apalagi kalo urusannya, makanan berkuah tumpah-tumpah di tatami. Belum lagi rebutan kompi dengan anak-anak (padahal yang nyuruh main game juga emaknya). Anak-anaknya mau pake komputer sementara Elsye mau memanfaatkan spot meja tempat komputer itu berada. Serba salah ya. Hiyaaaa....jadi sapa yang ngalah? Baca di sini.

Sheila of Let's Mess Up The Kitchen


Seru banget pengalamannya. Ternyata acara foto-foto-an harus kejer-kejeran dengan waktu. Tapi sebagai mantan jurnalis dah biasa dong, Sheil, dikejer waktu *wink*. Paul si sulung justru sering punya andil besar membantu mama-nya dalam sesi pemotretan. Yuk simak ceritanya di sini.

Findrie of Mamapindi's Kitchen


Walopun last minute masukin entry, tapi ibu satu ini tetep semangat. Suka ngintipin blog temen-temen buat belajar food photography (nah ya ketauan ngintip...qaqaqaqa!). Ceritanya penuh semangat untuk belajar food photography. Jadi gimana Pin, capek gak? Kapok gak? Kok gak dijawab? :D. Selengkapnya di sini.

10 comments:

  1. Tepuk tangan yg lama ampe 1/2 jam kalau perlu buat mpok yg atu ini. Yg udah mau nge host event yg bikin kita pengeng tau what are we doing behind the scene hehehhe.
    seneng bacain atu2 dari pengalaman para blogger.
    btw, Dita. link ku yg The adventure of my cooking diary gk ke link.
    thanks yah bu buat nge host even ini.
    regards,
    Dwiana

    ReplyDelete
  2. Hahaha...pijetin dong tangan gue...halah baru juga ngeround up 10 biji. Seru seru!

    Udah kubenerin ya, Wi linknya, sebelumnya klebihan s :).

    ReplyDelete
  3. Anonymous1:09 AM

    hebat deh dita... udah saingan ama mpok arfi nih management waktunya. ehehheeh seru mbaca pengalaman para ibu2 sekalian.

    aku emang amatir koq, karena belum dpt pemasukan dari hasil motret ;-p coba deh lihat soft boxnya... serasa studio derita (maksude ngopi gubuk derita gitu hehehe) ada satu teknik yg aku belum berani nyoba... yg pakai air, lantai gak bersahabat ama air sih. bisa mbombay deh kalo lantenya ngembang. hehwhwhw

    ReplyDelete
  4. seruuu mbak, seruuuwww.... selamat ya, eventnya sakseis :D

    event selanjutnya apa ya ?

    ReplyDelete
  5. salutt buat ditaa...:D...suksess ya buuww...gue dah berkeliling nih baca pengalaman temen2..lucu2 juga ya...

    emang capek bow moto makanan..*sigh* gue aja kadang mlempem ditengah jalan, susah boowww...

    sekali lagi suksess ya buuu

    ReplyDelete
  6. sukses bu....nice job,nungguin tema berikutnya

    tuh poto dr aku kekecilan kan.apa aku yg salah kasi ngukurnya ya ?

    ReplyDelete
  7. Waaahhh!! Hebat Dit. Single fighter, tapi semuanya selesai sebelum due date-nya.

    Seru banget bacain cerita emak2 yg laen. Ternyata cerita2nya hampir sama semua...sama capeknya hehehe.

    Buat emak2 yg laen, maju terus pantang mundur *apaan coba*.
    Buat Dita, makasih udah jadi host yang rajin :) Gue tunggu event2 selanjutnya ya.

    ReplyDelete
  8. aku ga ikutan event ini, hiks:( semoga yang next event aku ikut ya...

    ReplyDelete
  9. Yaaaaa padahal gue dah niat ikutan. Mo masukin yg tangan Jasmine kejepret. Tp krn ditunda-tunda, kelewat deh..tau2 dah diposting round up nya..next event mudah2an gue bisa ikutan yaaa...

    Sukses terus..:-)

    ReplyDelete
  10. sorry dwitt... kelewatan.... next time yaaa.... great round up btw... 2 tumbs... empat... lima sama pinjem tetangga

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)