8.06.2006

Devil Meets Marshmallow



Pernah denger Red Velvet Cake atau Waldorf Astoria Cake atau 100 dollar Cake? Cake ini menjadi favorit dessert sejak awal tahun 1900-an. Dan ternyata, istilah-istilah tadi adalah nama asli sebelum muncul istilah Devil's Food Cake. Konon, dahulu Devil's Food Cake ini berwarna merah terang. Karena coklat belum lazim digunakan sebagai campuran dalam adonan kue. Tapi di tahun 1970-an, popularitas cake ini menurun karena diduga warna merah yang digunakan sebagai pewarna terkait dengan kanker. Nah, istilah Devil's di sini digunakan untuk menggambarkan cake yang sangat rich akan chocolate dan berwarna dark (dongeng Devil's Food Cake, klik di sini). Eh, ada juga loh resep asli Devil's Food yang pertama kali tercetak dalam American Cookbook tahun 1902 (main ke sini deh).

Devil's Food Cake yang ini pengennya sih nyobain resep dari NCC, cuman pas ngeliat jumlah telur-nya...kwakwawww 25 butir bow! (dalam perkembangannya Devil's Food Cake memang mengalami banyak modifikasi) Kebayang sih gimana lembutnya, cuman ya itu kapasitas mixer gue gak memungkinkan :(.

Akhirnya gue putuskan browsing-browsing dan seperti biasa, hatiku tertambat pada resep-nya Ririe *hihihi...hai Rie, gue contekin mulu nih!* Tadinya mo bikin pake filling ganache coklat, cuman lagi males ribet, soalnya sambil mau ngerjain orderan praline, so daku putuskan bikin pake loyang tulban, gak pake filling tapi pake topping Choco Nut Marshmallow Frosting (marshmallow-nya boleh ngembat dari persediaan buat Praline, sekali mendayung 2-3 pulau terlampaui..hehehe)...YUM YUM...YUMMY!!



Devil's Food Cake with Choco Nut Marshmallow Frosting

Bahan :
90 gr coklat bubuk
100 ml air panas
225 gr mentega tawar/margarin
200 gr gula halus
4 butir telur
2 sdt vanilli bubuk
300 gr tepung terigu
2 sdt soda kue
1 sdt garam
200 ml susu cair

Cara membuat:
1. Larutkan coklat bubuk dengan air panas, aduk rata, sisihkan. Campur tepung terigu, soda kue dan garam, ayak, sisihkan.
2. Kocok mentega hingga lembut, lalu masukkan gula dan vanilla bubuk secara bertahap sambil dikocok hingga adonan pucat dan ringan.
Masukkan telur satu persatu, kocok sampai rata setiap kali telur dimasukkan.
3. Masukkan campuran tepung, coklat bubuk yang dicairkan dan susu cair secara bergantian, aduk balik dengan spatula hingga adonan
tercampur rata. Tuang ke dalam 2 buah loyang bundar berdiameter 22 cm yang sudah dioleskan mentega dan beralaskan kertas roti.
4. Panggang dalam oven bersuhu 175 °C selama 30 menit hingga matang, angkat dan biarkan dingin. Keluarkan cake dari dalam loyang. Siram dengan Choco Nut Marshmallow Frosting.

Choco Nut Marshmallow Frosting (dari kemasan Marshmallow Sunny Select)

Bahan:
2-1 oz squares unsweetened chocolate (gue pake DCC)
2 1/2 cups miniature marshmallow
1/4 cup air
4 tsp mentega
2 1/2 cups gula halus (gue gak pake, karena DCC dan marshmallow-nya udah manis)
1 tsp vanila
1/4 cup kacang cincang (optional)

Cara mambuat:
1. Masukkan coklat batangan, setengah bagian marsmallow, air dan mentega ke dalam saucepan. Panaskan dengan api kecil dan aduk-aduk sampai tercampur rata.
2. Kemudian masukkan gula dan vanila, ratakan.
3. Matikan api, masukkan sisa marshmallow dan cincangan kacang. Siap digunakan sebagai topping.

Sumber : Ririe dan modifikasi gue.

5 comments:

  1. Anonymous8:08 AM

    Slurrpppp... gile dah, foto2 lu te o pe begete Dit.... bikin lidah gw horny (a.k.a. ileran...)

    ReplyDelete
  2. aduh mba ku yang satu ini super duper kreatif buangetz...ngiler bangetz neh liat kuehnya...hiks hiks...mau nyoba bikin belum punya oven...hiks hiks....

    ReplyDelete
  3. Beth, jilat aja foto gue :P

    ReplyDelete
  4. Chie, kreativitas sering muncul di saat kefefet :)P

    ReplyDelete
  5. Anonymous6:18 PM

    Dit.... gue ngiler oiii.... mo dong, dah lama nih nga coba2 resep baru... sibuk ama pesanan risol mulu :P Itu chocolate fondue maker-nya harganya berapaan sih, Dit? Jadi tertarik untuk memiliki juga nih sptnya... hihihi :D

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)