8.26.2008

Cooking with Love : A Tribute to Inong Haris dan Sus Gulung Vla Keju

In memoriam Inong Haris (1973-2006)


image courtesy of DapurBunda

Inong Haris or Bunda Inong is truly an inspiration, eventhough she's not here anymore, she's still in our heart and has inspired so many women in Indonesia. She's also a legendary Indonesian Foodie Blogger who found Dapur Bunda (Mom's Kitchen), a kindhearted woman who never hesitate to share her family recipes, a sweet lady who has so many friends and a lovely mom who likes writing and poetry.

Cooking with Love is a new recipes book inspired by her and based on the recipes on her foodie blog. This book is her dream. And a wonderful collaboration of We R Mommies and Dapur Bunda has made her dream comes true.

Bunda Inong........The memory of you is beautifully painted in our hearts.

******

1 September 2006, dunia blog Indonesia dan foodie blogger Indonesia khususnya tersentak dengan berita kepergian Anna Siti Herdiyanti atau yang akrab dipanggil Bunda Inong. Gue memang tidak mengenalnya dekat. Belum pernah bertemu. Hanya sapaan-sapaan ringan di Yahoo Messenger atau sekedar bertukar pikiran di milis yang sama-sama kami ikuti, We R Mommies. Beberapa kali dapurnya menjadi sumber inspirasi gue dalam hal cooking dan baking. Beberapa kali pula almarhumah melakukan kunjungan balik ke blog gue.....*ohhhhh....tau gak rasanya kayak didatengin selebritis :D*. Sosok yang gue puja dan kagumi dalam hal masak-memasak mengunjungi seorang Dita. Itulah Inong, ramah terhadap siapa saja walaupun punya talenta luar biasa dan ngetop di kalangan blogger Indonesia.

Hampir 2 tahun berlalu sejak kepergiannya. Gue juga sempet mendengar bahwa temen-temen di We R Mommies dan Dapur Bunda sedang berencana menerbitkan sebuah buku masak yang terinspirasi dari almarhumah dan merupakan mimpinya. Gue sempet pingin terlibat tapi akhirnya mengurungkan niat karena pada saat itu, gue juga lagi ada kesibukan yang menyita waktu. Dan kayaknya buku ini mengalami perjalanan yang cukup panjang, sampai akhirnya bisa terbit sekarang ini.

Buku bertajuk "Cooking with Love" yang merupakan penghargaan tertinggi atas dedikasi almarhumah Inong Haris untuk terus berkarya dan tak segan berbagi ilmu, disusun oleh teman-teman cantik gue dari We R Mommies yang didukung berbagai pihak untuk mewujudkan impian Bunda Inong. Adalah Eva Y. Nukman, Mamiek Syamil, Sofie Dewayani, Wanda Hazman dan Wiwit Wijayanti serta konsultan boga Ena Lubis yang telah bekerja keras mewujudkan buku ini.

Buku berisi 30 resep pilihan ini terdiri dari resep-resep favorit almarhumah, resep-resep kesukaan suami dan anak-anaknya, Zidan dan Syifa serta kumpulan resep yang dipersembahkan untuk para kerabat dan sahabat tercinta. Yang menarik, buku ini keliatan benar sarat cintanya, terlihat dari selingan-selingan karya puisi dan kisah-kisah keseharian beliau bersama orang-orang terkasihnya.

Suatu ketika waktu mbak Wanda meminta bantuan gue dan Pinot untuk membuatkan video book launching dalam rangka acara launching buku ini, gue sempat terperangah. Gak mungkin gue tolak karena ini adalah sebuah kehormatan dan almarhumah Inong Haris adalah idola gue. Kapan lagi gue bisa berkarya untuk beliau, ikut serta mewujudkan impiannya (walaupun usahanya tidak besar) :). Terimakasih buat mbak Wanda dan temen-temen penyusun lain yang sudah memberikan kepercayaan ini pada kami. Semoga hasilnya gak mengecewakan ya.

Inilah Cooking with Love *memasak memang perlu cinta :)*, persembahan We R Mommies dan Dapur Bunda



Dan kemaren waktu ngerjain proyek ini, gue sempet gatel liat-liat resep yang ada di dalamnya. Banyak yang pengen gue coba dan masuk dalam daftar eksperimen. Dengan ngintip-ngintip file bukunya *hahahahaha....maaf ya mbak, gue udah ngintip-ngintip resepnya tapi belom beli bukunya*, gue gak tahan akhirnya coba praktekkin salah satu resep beliau, Sus Gulung Vla Keju, karena penampakan dan judulnya bener-bener menggiurkan. Dan gak salah memang ternyata memang sedep bener dan gak ribet pula bikinnya.



Pssttt....kalo di bukunya, resep ini ada di halaman 47 ;). Beli ya.
Buku sudah bisa didapatkan di toko buku toko buku terdekat dengan harga Rp 59.500,-



9 comments:

  1. Anonymous9:05 PM

    Hore.. Me pertama

    ReplyDelete
  2. dit,lo tau kbre anak2nya bunda inong nga? bener gue juga dulu baru kenal bentar ama beliau, sangat terkaget2 and sedih karena dia begitu mendadak pergi,beliau baik banget, cuman sering konsultasi di ym,gue waktu itu bener2 kepikiran gimana anak2nya?
    beliau yg jadi sumber inspirasi pertama kali bikin blog and roti, yah jadi curhat deh gue.

    ReplyDelete
  3. Anonymous5:26 AM

    oooh terharu...
    videonya bagus Dit, bagus banget. Paling enggak nontoninnya bikin makin terharu, bikin penasaran pengen punya bukunya. Sukses!
    Ntar lah kalo balik ta beli, moga2 gak kehabisan.
    Sama, gw jg cuma kenal Bunda Inong lewat blog, ada bbrp comment beliau di blog gw. Sekarang jadi kenang2an.

    ReplyDelete
  4. Videonya keren banget Dit, bikin merinding! Two thumbs up ;)

    ReplyDelete
  5. Anonymous4:09 PM

    kerennnnn Dit, gue malah baru tau nih ada video ini..., saluttt buat semuanya !!

    ReplyDelete
  6. Mbak Dita..semua orang ngomongin videonya. Aku nggak berhasil nonton huhuhuuu..
    Bahkan di download, baru 50% udah berhenti. Apa providerku musuhan sama youtube ya ? bisa download dimana lagi kah ? -desperado-

    ReplyDelete
  7. Me : ini mbak Me ya. Makasih mbak udah mampir :)
    Foni : gatau Fon gimana kabar anak-anaknya. Semoga mereka tetep tegar dan selalu dalam lindunganNya.
    Vania : makasih Van. Beli online aja Van, kirim ke rumah Jakarta.
    Ibeth : makasih ya Beth.
    Elsye : makasih Sye.
    Vita : hai Vit, coba ke sini http://web.me.com/pinot/cookinglove/video.html, untuk donlod versi quicktimenya. Semoga bisa ya.

    ReplyDelete
  8. Anonymous12:29 PM

    Mbak Dita..

    Percaya ga, sebelum saya mampir ke blog mbak, kemaren saya sempet maen ke blog Bunda Inong. Ngintip2 resep blio..

    Eehh, begitu mampir sini jadi merinding sendiri. Alfatihah buat bunda Inong :) *belum liat videonya, mau cari speaker dulu*

    ReplyDelete
  9. Anonymous8:12 AM

    bagus sekali videonya Dit, kalian memang patut dibanggakan. salut!

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)