2.15.2008

Sapo Rice with Tinola

Nasi Sapo with Tinola

Resep ini recommended banget. Ya cara bikinnya...ya rasanya. Thanks for sharing ya, Ncis. Sayang gak punya claypot buat Sapo (padahal ini kan ciri khasnya Sapo), jadi dicetak kayak nasi tim aja.

Nasinya gurih dan wangi trus Tinolanya juga haruuummm...nyam nyam...Bakal jadi favorite recipe nih!

Nasi Sapo

Nasi Sapo
Bahan :
5 siung bawang putih, cincang
1 genggam udang kering (ebi), rendam & cuci air panas, tiriskan
l.k. 6 kuntum jamur hioko, rendam air panas, tiriskan, iris-iris
l.k 250 gr ayam potong-potong
4 cup beras
6 cup air

Bumbu :
3 sdm kecap kikoman
1 kotak maggi blok rasa ayam
2 sdm minyak wijen alias sesame oil (ini yang bikin nasi nya wangi)
garam & merica secukupnya

Cara Membuat :
Tumis bawang putih hingga harum, masukkan udang kering, masukkan ayam & aduk sampai mati darah lalu masukkan jamur hioko yang sudah diiris-iris tipis. Masukkan beras, aduk-aduk dan bumbui. Masak di rice cooker.

Tinola

Tinola (Filipinos Garlic & Ginger Chicken Soup)
Bahan :
10 siung bawang putih, geprek, biarkan gede-gede
l.k 3 jari jahe, potong-potong
2 bh labu siem (timun duri), potong besar
1 kg ayam, potong-potong kecil
4 sdm kecap ikan (fish sauce)

Cara Membuat :
Tumis bawang putih, masukkan ayam, aduk hingga mati darah, beri kecap ikan & jahe, siram air panas, masukkan timun duri, masak hingga matang... (biarkan berkuah)

Source : Mamajalu

7 comments:

  1. nyontek ah buat bekal makan siang ke sekolah, tinggal tambahin sayuran ditumis. sudah dibayangin bakal enaaak. salam kenal Dita

    ReplyDelete
  2. Ikutan nyontek ya, Dit .. hehehe.
    Abis baca bahan & caranya sih kayaknya gak susah. Thanks udah sharing ya.

    ReplyDelete
  3. wahhh silahkan silahkan, ditunggu laporannya yah, apakah cucok dilidah :). Kalo gak ada labu air dimodif ganti wortel juga sehat tuh.

    ReplyDelete
  4. makasih info resepnya. nanti gw coba klo dah nemu hioko n ebi. kedengerannya gampang bikinnya. besok gw bikin lontong + sayur buncis pake udang kayana

    ReplyDelete
  5. @ MINDOEL : ebi sama hioko bisa diskip, tapi kalo ada ya lebih enak. Percobaan pertama gue gak pake 2 bahan itu :).

    ReplyDelete
  6. Kalo pake sapo gimana yah? Gue lagi experiment: kemaren jadi tapi nasinya al-dente, jadinya kurang enak. :(

    ReplyDelete
  7. @ V : jadi lo langsung masak pake saponya, Ven? blm pernah nyoba gue, kalo masaknya di rice cooker, mateng kok.

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)