2.26.2008

Paris Brest

Paris Brest

This recipe was KBB's first challenge. So tempting! Biarpun gue gak participate di challenge ini, I'm dying to try it on! The mixture of Paris Breast (PB) is similar to Choux Pastry. But it looks like mini doughnut. Fillingnya juga pake custard dan yang bikin tempting adalah toffee drizzled-nya. Menurut gue, toffee-nya si Paris Brest (bo..gue kepleset ngetik muluk nih, selalu keselip huruf "a" di kata "Brest"-nya...ahak ahak!) ini yang mengundang dan bikin mouth watering.

Paris Brest is a delightful French dessert said to have been created by a pastry chef in honor of a bicycle race between Paris and Brest.

Seperti biasa, kalo bikin sus gak pernah sekali jadi. Pasti harus gagal dulu. Entah gue-nya yang musti penyesuaian dulu atau oven gue yang musti adaptasi dulu. Untuk bikin PB ini aja gue sampe bikin 4 kali resep sampe akhirnya ketemu hasil yang satisfying. Untung 1 resep hasilnya gak banyak dan bahan-bahannya bener-bener simple.

Untuk resep pertama plek ketiplek gue ikutin pedoman suhu dari resep, tapi hasilnya kurang memuaskan. Di resep-resep berikutnya gue mulai utak-atik timer oven. Sampe akhirnya gue dapet formula yang pas di resep ke-4. Pedoman suhu oven gue ikutin dari resep tapi untuk waktu pemanggangan di menit pertama gue tambahin 5 menit, gitu juga dengan menit kedua. Dan setelah selesai pemanggangan gak langsung gue keluarin tapi pintu oven gue buka setengah supaya si PB gak collapse karena kaget perubahan suhu.

Saat pembuatan toffee, gue gak menemui banyak masalah, mungkin gula-nya tau gue penggemar berat caramel jadi gak mau nyusahin gue...wekekekek! Cuman ini juga sampe 2 kali bikin, karena yang pertama kurang golden jadi kurang sexy gimana gitu! :P

Almond gue skip, karena pas lagi gak punya persediaan. Maklum bikinnya juga impulsif.

Pastry Cream-nya? Gue curang!!!! Pake custard powder! Secara udah bete bikin PB sampe 4 kali berturut-turut dan anak-anak udah mule ribut nyari emaknya yang autis di dapur (hiyaaaa anak-anak dijadiin excuse!...wakakak). Akhirnya potong kompas aja pake yang instan.

Result-nya? Manis dengan vla yang melted di mulut, udah pasti! Yang bikin unik adalah sensasi kriuk-kriuk toffee-nya.

Paris Brest

Paris Brest
Sumber: AWW Wicked Sweet Indulgences
Tingkat kesulitan: Mudah. Untuk 16 buah.

Adonan Kulit
20g mentega,
¼ cup (60ml) air,
¼ cup (35g) tepung terigu,
1 btr telur

Cara Membuat :
Panaskan oven, suhu tinggi. Olesi 2 loyang datar dengan mentega atau alasi dengan baking paper. Campur mentega dengan air di panci, didihkan. Tambahkan tepung, kocok dengan sendok kayu hingga adonan lepas dari sisi panci. Angkat, pindahkan ke wadah lain, masukkan telur dan kocok hingga adonan lembut.

Buatlah 4cm lingkaran sebanyak 8 buah. Semprotkan adonan ke lingkaran sebelah luar, panggang dalam oven panas selama 7 menit (ini tergantung suhu oven masing-masing). Turunkan suhu hingga ke suhu sedang, panggang lagi selama 10 menit atau sampai cincin pastry-nya kecoklatan dan crisp. Belah pastry, horizontally, panggang lagi selama 5 menit atau sampai cincin mengering. Dinginkan dalam suhu ruangan.

Adonan Pastry Cream (Custard)
1 cup (250ml) susu,
½ batang vanili, belah dua,
3 btr kuning telur,
1/3 cup (75g) gula caster,
2 sdm tepung maizena

Cara Membuat :
Didihkan susu bersamaan dengan batang vanili. Angkat batang vanili setelah mendidih. Kocok kuning telur, gula dan tepung maizena dengan mixer hingga kental. Tambahkan susu sedikit demi sedikit. Masak lagi custard di atas api besar hingga mendidih dan adonan mengental (take care not to burn the custard!).
Sendokkan custard ke dalam piping bag, lalu semprotkan ke atas 16 cincin paruh tadi, tutup dengan separuh bagiannya lagi. Letakkan paris-brest ke atas loyang yang dialasi foil. Tuangkan toffee di atasnya dan susun atau taburkan almond iris (20g).

Toffee Web-Paris Brest

Toffee
1 cup (220g) gula caster,
½ cup (125ml) air

Cara Membuat :
Campur gula dan air, aduk hingga gula larut di atas api besar, lalu jika gula sudah larut, didihkan. Turunkan suhu api, terus masak toffee tanpa ditutup dan tanpa diaduk hingga warnanya coklat terang (kalo warnanya coklat tua atau kehitaman itu namanya gosong, bo!). Angkat dari api, biarkan dulu hingga gelembung udaranya habis.

3 comments:

  1. dita...cantik paris brest nya...endut2 :D cuma fotonya gak terlalu kemerahan tuh dit? :D

    ReplyDelete
  2. aahhhaaaa...benar ternyata kemerahan. Gw juga ngerasa gitu, mbak.

    itu gendut karna fillingnya :P

    ReplyDelete
  3. Dit, Toffee-nya kayak sarang laba2. Tapi bikin foto lo jadi unik.
    Tergiur pengen nyoba deh. Tapi elo sampe bikin 4 kali?? Wadaawww. Jadi inget waktu bikin marshmallow fondant yg harus nyoba sampe 4 kali!!

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)