9.26.2006

Lontong Paris (???)



Hehehehe...lucu yah namanya, gatau tuh gimana asal muasalnya. Yang jelas cookies yang satu ini adalah favorit gue dari jaman piyik dulu. Mungkin karena gue penggemar karamel, ya gue pasti suka kue yang satu ini lah ya.


Bikinnya gampang tapi finishingnya agak njelimet. Cuman gue rela ngejalaninnya karena gue pecinta berat karamel :). Tambahan ide buat kue kering lebaran nih. Owiyah, pas bikin karamelnya tambahin agak banyak air supaya nanti hasilnya pas udah dingin gak keras kayak batu. Tips lainnya soal karamel, klik di sini.



Lontong Paris

Bahan :
250 gr mentega
75 gr gula halus
1 btr telur
300 gr tepung terigu
2 sdm maizena

Bahan lapisan karamel (maaf gak pake takaran) :
gula secukupnya
air mendidih secukupnya
kacang tanah, cincang, sangrai, untuk taburan di atas karamel

Cara membuat :
1. Kocok mentega dan gula halus sampai putih, masukkan telur.
2. Masukkan tepung terigu dan maizena ke dalam adonan sedikit demi sedikit, aduk rata (kalo bikin kue kering, gue gak pernah mencampur tepung ke dalam adonan sekaligus, seperlunya aja sedikit demi sedikit supaya adonan yang ditinggal kerja gak keras).
3. Cetak adonan sebesar ibu jari atau sesuai selera. Letakkan dalam loyang yang sudah dioles mentega.
4. Panggang dalam suhu 160-180 derajat celcius, selama 30 menit.

Cara membuat lapisan karamel :
1. Masak gula dengan api kecil, sampai meleleh dan berwarna keemasan. Sering diaduk yah.
2. Kemudian masukkan air mendidih sedikit demi sedikit.
3. Dalam kondisi panci karamel di atas kompor dengan api kecil, masukkan kue-kue tadi ke dalam panci, baluri sampai tertutup karamel.
4. Lalu angkat dan gulingkan dalam wadah yang sudah diisi kacang cincang.
5. Biarkan dingin, lalu masukkan dalam toples.

4 comments:

  1. Nice picture! Love it, love it

    ReplyDelete
  2. to mbak Riana : thank u! kuenya juga yummy loh *promosi ni ye*

    ReplyDelete
  3. hai dita.. salam kenal..
    ngga sengaja nemu blognya nih wkt googling "lontong paris". Sama loh, sy juga penggemar berat kukis ini sejak kecil. Boleh yah sy coba resepnya, soalnya pernah bikin tapi gagal.. hiks!. Thanks anyway :)
    btw, ncc juga ya?

    salam manis,
    sofie

    ReplyDelete
  4. bundamimi3:27 PM

    Aku copy resepnya ya....
    Udah belasan tahun gak jumpa kue yg satu ini... padahal dulu favorite banget...
    Cookiesnya yang renyah, ditambah rasa karamel dan kacang... duh .... pokoknya eunaaakkk...

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)