9.29.2010

KBB #19 : Hip Hip Horayy!! Happy 3rd Birthday!



Hip hip Horay! Happy birthday buat KBB. Gak kerasa udah 3 tahun usianya dan udah hampir 3 tahun pula gue ikutan gabung. Banyak banget ilmu perbakingan yang gue dapet dari klub ini, belum lagi jalinan pertemanan yang sangat akrab, walopun banyak di antara kita yang belum pernah saling bertemu. Semoga ke depannya KBB makin eksis dan temen-temen tetep semangat ngerjain tantangan dan berbagi ilmu-ilmunya *group hugs*.

Awalnya bingung mau bikin apa? Akhirnya diputuskan bikin yang pas gue absen aja. Walaupun sebenernya udah pernah juga bikin lattice pie tapi seringnya yang manis. Sekalian bikin buat bekal mbak Arwen, jadilah gue bikin Creamy Chicken Pie (Puff Pastry-nya beli jadi aja deh ya, gak sanggup bikin sendiri ditongkrongin Neo...hahaha). Sebenernya bikin chicken pie ini sampe 2 kali. Yang pertama salah beli pastry...main samber aja dari fridge di SPM...lah kok taunya Fillo Pastry *dudul*. Kalo mau coba bikin classic puff pastry sendiri (gampang loh), bisa liat resepnya di sini.

Chicken Pie

Ini resep isian ayamnya :

Creamy Chicken
Bahan :
3 potong dada ayam
oregano
3 bawang putih, geprek
2sdm butter untuk menumis
bawang bombai
daging asap
2sdm tepung terigu
100ml air kaldu rebusan ayam
50ml whipped cream cair
keju parut secukupnya

Cara membuat :
1. Rebus ayam dengan bawang putih dan oregano sampai matang. Angkat, dinginkan, suwir-suwir.
2. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga wangi, masukkan daging ayam suwir dan daging asap. Bumbui dengan pala bubuk, merica dan garam secukupnya.
3. Masukkan tepung terigu, aduk-aduk hingga rata, siram dengan air kaldu. Tuang whipped cream cair. Aduk rata.
4. Taburi keju parut, aduk lagi hingga merata. Sisihkan dan siap digunakan.

chicken pie

Setelah bikin Chicken Pie, lah kok malah ketagihan pengen bikin yang lain-lain yang pernah jadi tantangan KBB. Gak sengaja liat status Riana Pennylane lagi ngomongin Lemon Cake...jiyahhh gue latah pengen bikin Lime/Lemon Meringue Pie. Dikomporin pulak sama beliau. Ya sut...yuk mari brangkat!! Akhirnya bikin pie crust-nya pake resep dari tantangan Banoffee Pie. Isi lime curd-nya hasil googling. Meringue-nya pake resep tantangan Chocolate Swirl Meringue (tapi gue modified).

Lime Meringue Pie

Lime Curd
source : All Recipes
(resep aslinya pake lemon, gue ganti lime)

Lime Meringue Pie

Ingredients :
1 cup white sugar
2 tablespoons all-purpose flour
3 tablespoons cornstarch
1/4 teaspoon salt
1 1/2 cups water
2 lemons, juiced and zested (dita - I used 3 limes)
2 tablespoons butter
4 egg yolks, beaten

Directions :
To Make Lemon Filling: In a medium saucepan, whisk together 1 cup sugar, flour, cornstarch, and salt. Stir in water, lemon juice and lemon zest. Cook over medium-high heat, stirring frequently, until mixture comes to a boil. Stir in butter. Place egg yolks in a small bowl and gradually whisk in 1/2 cup of hot sugar mixture. Whisk egg yolk mixture back into remaining sugar mixture. Bring to a boil and continue to cook while stirring constantly until thick. Remove from heat. Pour filling into baked pastry shell.

Terus yang ketiga, rencana awalnya cuman pengen bikin kue sus...lah kok terus pengen bikin Paris Brest...eaaa.....jadilah nguplek di dapur bikin PB. Resep Paris Brest silahkan tengok di sini.

Paris Brest

Sekali lagi....Happy Birthday KBB. Kompak terus ya!



9 comments:

  1. Huhuhuuuu...itu foto2nya mantap semuanya Maaak....

    ReplyDelete
  2. sip maaaaaaaaaaaaakkk!!!
    ab

    ReplyDelete
  3. @Rachmah : yuhhuuu...sengkyu...samaan dong ya kita bikin PB

    @KBB/ab : sip brarti sut diterima ya. makasih ya.

    ReplyDelete
  4. pas banget sama judulnya. YUMMY!

    ReplyDelete
  5. Alamakkk fotonya bikin nganga.... gak bisa mingkem....
    Btw ternyanta ada temennya, bikin last minute tapi kesambet setan baking, malah keterusan *tosss*
    Lime meringue pienya tastenya kecut gak yah ?? pernah bikin tapi lupa resep yg mana tapi kecut bener.. Padahal aku suka yang kecut-kecut gini.. gak enek, tapi klo terlalu kecut kayak yg bikin duluuuuuu yaaaa gak mau juga hik...

    Lukie

    ReplyDelete
  6. waaah!! foto2 nya bagus sekali, ceritanya lucu lucu, dan makanan nya keliatan sip semua! i am really liking this blog!

    ReplyDelete
  7. Fotonya baguuuusss bgt. Kerasa live.

    ReplyDelete
  8. That Chicken Pie looks amazingly delicious!

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)