3.29.2010

Update Kasus Buku 101 Resep Minuman

Setelah yang bersangkutan menanggapi opsi-opsi yang saya berikan, kami sudah hampir menemui jalan keluar. Bahkan sudah disepakati bersama, penerbit IN AzNA BooKs bersedia membayar kompensasi dan (plus) berjanji menarik buku secara bertahap dari pasaran (ini janji dia, padahal saya hanya menawarkan untuk memilih 1 opsi). Yang bersangkutan sempat meminta no rek saya dengan alasan akan mentransfer kompensasi material sesegera mungkin (ini dia juga loh yang janji bukan saya yang memberikan batas waktu tanggal sekian sekian harus di bayar...catat!)

Setelah sempat satu kali ybs men-cek ulang no.rek saya via e-mail (dia beralasan dia gak bisa bisa ngirim uang karena no.rek saya tidak terdaftar), saya membalasnya dengan mengirim ulang no.rek saya berikut pertanyaan ybs mengirim uang lewat mana? atm atau internet? Ia mengaku mengirimkan via mobile banking dengan alasan ATM jauh.

Saya tunggu sampai keesokan hari, tidak ada kabar berita. Saya kirim e-mail menanyakan perkembangan, tapi tidak dibalas. Esoknya lagi saya kirim e-mail lagi, karena tidak ada tanggapan, maka sekarang saya yang menentukan deadline pembayaran/penyelesaian masalah ini sampai hari Minggu 28 Maret 2010. Jika memang tidak ada tanggapan apa-apa, saya berencana menaikkan surat pembaca di harian KOMPAS dan Suara Pembaharuan mulai hari Senin 29 Maret 2010 dan memblow up kasus ini ke media.

Minggu malam 28 Maret 2010, saya mendapat balasan dari yang bersangkutan, yang isinya malah mementahkan apa yang sudah kami sepakati bersama dan tidak ada penjelasan kenapa ybs selama beberapa hari menghilang tanpa jawaban.

Berikut jawaban ybs :

Sdhlah jangan dipernjang... Aku sdh janji mau kasih kompensasi lebih dari sekedar royalti tp ketika kutrnsfer berkali2 ga masuk...

Klo memang benar2 anda pemilik foto tsb, datang saja ke jogja, tunjukkan bukti2nya klo itu foto anda, baru kubayar cash kompensasinya.

Teman2 di penerbitan juga sdh siap menanti kedatangan anda, mrk ingin melihat dan mengenal anda lebih dekat.

Terimaksih. Kutunggu kedatangan anda!


Sekarang dia malah nantang balik saya untuk datang ke Jogja yang dia tahu itu tidak mungkin saya lakukan karena posisi saya jauh di luar Indonesia. Mencari cara berkelit? Cari-cari alasan?

15 comments:

  1. Waduh! Ayo kita perkarakan saja di dunia maya!

    ReplyDelete
  2. Beneran nih kayak gini?!?!

    Yang saya 1.000.000% heran, kenapa harus "nantang" untuk membuktikan kepemilikan foto? Dit, gak tanya balik bagaimana si penerbit membuktikan bahwa itu adalah foto mereka? Heran deh...

    Yang "diduga ngambil" kok malah yang kontrol? Ini yang bermasalah sapa jeh?!

    =====
    Klo memang benar2 anda pemilik foto tsb, datang saja ke jogja, tunjukkan bukti2nya klo itu foto anda, baru kubayar cash kompensasinya.
    =====

    Lha emang kompensasinya brapa? Cukup untuk biaya pulang pergi, akomodasi juga ndak? Ada-ada saja...

    Teman-teman penerbitan? Penerbitan yang mana nih? Serius nih... Seru dong :)

    ReplyDelete
  3. @Adriani : yukk mari!

    @Thomas : gemblung tenan. Jadi mentah lagi kan? emang cari masalah nih.Tapi dalih kayak gini emang udah apalan banget Mas, selalu dipake sama maling foto, nyuruh kita dateng or kirim foto asli kita. Selalu kayak gini nih.

    ReplyDelete
  4. Mba Dita, iihh aku kok ikutan gemes ya melihat tanggapan pihak mereka? Jelas2 mereka itu maling. Coba kawan2 yg ada di Jogja mungkin ada yg bisa bantu? Pihak mereka nantangin supaya Mba dtg kan? Ambil proses hukum aja Mba. Pembaca blog Mba kan banyak. (bkn maksud ngomporin)

    ReplyDelete
  5. wah enak ini, setuju saya. maling dulu barangnya, kalo yang punya komplain, tinggal bilang,"buktikan ini milik sampeyan" hihi keren keren.. mental pejabat hihi

    kalau sudah nantang gitu sih tidak ada niat baik berarti :p jadi penasaran, penerbit itu dia merujuk ke siapa ya? ikapi? jogmart? atau yang lain? hehe..

    ReplyDelete
  6. Waah..alibi.
    Dimintain aja mba bukti report dr bank klo pengiriman uang gagal trus.
    Klo emang bnr2 gagal br urus ke banknya.
    Kasian itu org, not original style, hehehe.

    Trus follow upnya gmn mba??

    ReplyDelete
  7. mbak Dita,
    tulis di surat pembaca aja
    trus selesekan secara hukum biar mereka ga ngira kalo mbak Dita tu ga serius..

    ReplyDelete
  8. wah mbak klo trus foto asli dikirim ntar malah dibalik lagi sama mereka....ngaku kalo itu foto mereka.....sigh nyebelin

    ReplyDelete
  9. @aishiteru : kalo memang itu yg dimau, saya lagi menyiapkan surat kuasa dan bukti2 bahwa saya pemilik foto asli tsb :)

    @lantip : jawabannya apalan banget :)). penerbit ini kayaknya Indie, mrk gak tergabung di IKAPI tapi menurut ybs : "saya informasikan kepada Anda bahwa penerbitan saya tidak masuk IKAPI, saya hanya punya komunitas sendiri di Jogjakarta, yakni Paguyuban Arisan Penerbit Kecil Yogyakarta. Mereka adalah penerbit2 kecil yang oplah cetak bukunya hanya 2000-2500 eks. sedangkan buku 101 resep minuman tersebut kami cetak 2000 eks, tidak lebih"

    @Ani : sudah dilakukan. Hari ini baru saja saya kirim ke harian KOMPAS dan Suara Pembaruan.

    @Ratih : ini org emang ngada-ngada, alesan atm jauh jadi dia pake m-banking n katanya gak bisa2 masuk. Padahal udah dicek temenku, atm gak sampe 5 menit naik motor :)

    @mom's homemade : mereka mintanya bukti foto, bukan file asli ;)

    ReplyDelete
  10. gemeeeeesssss !!! memang gaya mereka ya gitu itu, apalagi dia tau kita tinggal di LN. Ah, jadi inget sebel nya kasus dulu.. lah yg tinggal di jkt keq mas Budi itu ya enak, bisa dapet ganti.. lah gue ? disuruh bawa bukti ke jkt ? mampusssss... maling jaman skarang koq ya galak2 ya

    ReplyDelete
  11. Dit, ngeselin banget ya! Kayaknya bukan cuma sekali ini aja mereka melakukannya, mungkin mereka juga dah nerbitin text book "cara jitu membajak karya2 di dunia maya" :(

    ReplyDelete
  12. duuuhh... sori Dit, baru sempet mampir. Nyebelin banget ya kasusnya berulang2. Trus yang bikin nyesek lagi mereka malah mempertanyakan keaslian foto kita. Orang yang sangat aneh! Rasanya yang kasus camboga juga gitu deh, mereka minta dibuktikan kalau itu adalah foto asli kita.

    Mudah2an ada titik terangnya ya Dit

    ReplyDelete
  13. enggak sopan banget sih dia! orang jogja pula!
    penerbit mana sih mbak dit?

    ReplyDelete
  14. Mamin, kirim surat pembaca juga ke media online ga? Disarankan beberapa teman begitu juga..

    Mungkin kita semua sebagai pembacanya Ditut, bisa juga nulis tentang ini dengan tag malingfoto ya, jadi bisa dikumpulkan jadi satu dan dijadikan gerakan.

    Apa perlu bikin FB Group?

    ReplyDelete
  15. exactly same thing i went through.
    go as far as you can, Mamin. always be prepared for the worst. but don't stop until you can't go further anymore. my prayer goes out with you all the time.

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)