3.10.2010

Cake Decorating : Pastillage shapes

Pernah denger yang namanya fondant, marzipan dan gum paste? Biasanya digunakan untuk keperluan cake decorating dan bentuknya seperti play dough, bisa dibentuk menjadi bermacam figurine dan bentuk.

Praktek Fondant
ini hasil karya udah lama banget semasa saya tinggal di Indonesia


Buat bakers yang tinggal di Indonesia tentunya sudah familiar dan cukup mudah untuk menemukan item-item tersebut. Hampir semua TBK (Toko Bahan Kue) besar pasti menyediakan (minimal) fondant. Tinggal dibeli kiloan dan kita bisa mewarnai sesuka hati dan selera, sesuai dengan kebutuhan. Pada dasarnya hampir semuanya berbahan dasar sama yaitu gula dan gelatine, hanya bahan-bahan tambahannya aja yang berbeda-beda. Kalo marzipan pake bubuk almond, sedangkan gum paste menggunakan campuran putih telur. Dan semuanya pun bisa dibuat sendiri (kalo gak males...kekekekekk). Well, yang suka bikin males itu nyari campuran-campuran bahan kimianya yg lain. Apalagi saya tinggal di negeri yang saya sebut "tidak ramah bakers", bukan surga-lah untuk para bakers. Mo cari apa-apa gak ada, pewarna makanan terbatas, esens itu-itu doang, variasi loyang sangat minim, apalagi kebutuhan untuk cake decorating....mimpi aja! :P Makanya kalo mudik, itu salah satu kesempatan saya untuk membawa aneka pewarna makanan, loyang, sampe plastik segitiga dan bahan baku lain yang susah dicari di sini.


Udah lama banget pengen praktek fondant lagi. Tapi apa daya, di sini gak ada. kalo mau ya musti bikin sendiri. Alternatifnya paling bikin marshmallow fondant yang bahan-bahannya gak terlalu neko-neko, tapi proses bikinnya agak sedikit panjang, karena musti nyairin marsmallow dalam microwave, sementara saya gak punya microwave. Akhirnya ke-pending lagi.

Kemaren pas lagi iseng-iseng browsing tentang cake decorating, nemu yang namanya Pastillage. Ini saya kutipkan penjelasannya : "Pastillage is a sugar-based dough used for decorating and creating decorations for pastry, showpiece work and decorative molded forms. The dough is much like clay or play-dough where you can knead it and roll it out. Pastillage is worked then allowed to dry, setting up to a hard, sugar-based decoration. Depending on the mix, pastillage can be formed and sanded to remove any rough spots after it has completely dried. There are many, many recipes out there and most have the same ingredients: powdered sugar, gelatin, and water, with some recipes calling for an acid like vinegar or cream of tartar."

cake decor : pastillage shapes

Terus pas baca metodenya juga mudah banget dan bahan-bahannya pasti ada di dapur kita. Iseng ah pengen coba. Kali-kali bisa direkomen untuk next cake decor project. Resep yang saya gunakan ini sangat mudah dan bahan-bahannya gak macem-macem. Cuman gelatine, water, corn syrup dan powder sugar.

Patillage Shapes
source : http://chockylit.blogspot.com/2005/10/red-velvet-cupcakes-with-vanilla-bean.html

1 packages gelatin
1/2 cup water
2 tablespoons light corn syrup (saya pake golden syrup)
5 cups powdered sugar

cake decor : pastillage shapes

prepare a clean work surface by spraying with water and then covering in a bit of powdered sugar

in a small saucepan, sprinkle gelatin over the water and let sit for 3 minutes
add corn syrup and stir to combine, heat over medium heat stirring constantly until gelatin is dissolved, about 12 minutes

add 3 cups of the powdered sugar to the bowl of an electric mixer at lowest setting, drizzle in all of the heated mixture
increase speed of mixer to combine

start to add more powdered sugar until the mixture gets stiff

you will need to transfer to the prepared work surface to finish needing by hand, you may also choose to need in powdered food coloring, add sugar or water as needed to get a smooth consistency, its like needing pasta dough - you want a similar consistency
once it is nice and smooth, divide it up for as much as you need and wrap the remainder in plastic wrap and store in an airtight container for up to 12 months

scrape down work surface for rolling, dust surface and rolling pin with corn starch, roll out pastillage as thin as you can get it, cut out shapes with whatever small cutters you have, set aside on parchment to dry

Gampang kan!

Catatan :
1. Setelah saya coba ternyata Pastillage ini karakternya lebih cepat kering daripada fondant. Jadi memang pada saat pengerjaan harus sedikit-sedikit dikeluarkan dari wadah kedap udara atau plastic wrap.
2. Gunakan pewarna makanan berbentuk bubuk, karena pewarna cairan yang water-based akan mempengaruhi konsistensi adonan.
3. Untuk membuat kaku adonan, pada saat menguleni, saya menambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit sampai elastisitas yang saya inginkan (soalnya resep di atas masih kurang kalis dan masih lengket-lengket, jadi musti ditambahin gula bubuk/tepung maizena).
4. Saya belum mencobanya untuk cake covering, soalnya baru eksperimen bikin sedikit. Tapi sepertinya rada tricky nih kerja dengan pastillage untuk mencover bidang yg besar, karena karakternya yg cepet kering itu.
5. Sama halnya dengan fondant, air digunakan untuk merekatkan decorating pieces yg udah kering.

So far, untuk mengerjakan decorating pieces yang kecil-kecil sih gak ada masalah dan saya udah mulai terbiasa kerja dengan pastillage.

Untuk yg belum familiar, fondant/gum paste/marzipan/pastillage bisa digunakan utk elemen dekor seperti di bawah ini

leia's b'day cuppies
ini cuppies utk ultah Leia 2 th yg lalu (pake fondant):)


Yang udah pernah kerja dengan Pastillage (terutama suhu2 cake decorating) please masukannya.

more about Pastillage :
http://www.pastrysampler.com/Questions_and_Answers/pastillage.htm
http://www.bridgeandtunnelclub.com/cookery/in/pastillage/index.htm

No comments:

Post a Comment

thanks for dropping by :)