3.30.2008

(KBB) # 4 : Chocolate Swirl Meringues with Raspberry Cream

Meringues series 2/7

Kali ini tantangan KBB yang ke-4 adalah Chocolate Swirl Meringues. Sempet dag dig dug deerr pada saat tantangan diumumin, karena pernah punya pengalaman jelek sama yang namanya Meringues. Dah gitu nekat pulak, gak punya mixer kok ikutan KBB (semua peralatan tempur buat baking ditinggal di Indonesia), judulnya aja udah klub baking gitu loh...lha kok nekadd!! Tapi emang udah rencana beli mikser juga jadi PD aja.

Setelah mixer udah kebeli, sekarang yang jadi masalah, gak punya bowl copper atau stainlees. Idealnya emang bikin Meringues pake bowl dari kedua bahan tersebut. Maklum, Meringues yang terbuat dari putih telur ini sangat sensitif dalam pengerjaannya. Yang peralatan gak boleh kotor lah harus bersih sih cling tanpa lemak, yang telor harus seger lah, yang udara gak boleh lembab, yang musti dibikin pada cuaca kering...huuuhhhh manja banget lah!

Sementara mau pake bowl plastik pasangan mixer, gue rada-rada gak yakin bebas lemak, takut mempengaruhi putih telurnya. Ini lagi yang bikin masalah, di Kuwait ini gue belum pernah nemu sabun cuci yang bisa menumpas lemak sedasyat sabun cuci piring Indonesia. Hiyaaahhh...banyak amat sih hambatannya, sampe gak jadi-jadi bikin si mereng...apa emang alesan aja buat nambah-nambahin peralatan baking...huehehehehe.

Terus terang gue emang hati-hati banget ngerjain PR ini. Dulu pernah bikin meringues dan gagal segagalnya sampe kapok kalo disuruh bikin lagi. Makanya begitu selesai baca resep, gue langsung googling around mencari tahu serba serbi Meringues. Ternyata lumayan seabrek source-nya. Yang banyak membantu adalah artikel-artikel dari baking911 dan fxcuisine.

Resep bener-bener gue cermati. Tapi dicermati bukan berarti gue patuhi 100%...hehehe...*katanya takut gagal, tapi kok gak nurut resep*. Karena gue tau sifat oven gue yang gampang panasan. So, untuk suhu gue turunin jadi 100 derajat untuk pemanggangan 1 jam pertama. 30 menit berikutnya, suhu gue turunin menjadi 75-80 derajat. Selain itu, gula gue kurangin jadi cuman 150 gr (karena kalo liat dari resep..wuuiiiihhhh kayaknya manis banget tuh! Gulanya gue pake gula halus supaya cepet larut). Konsekuensinya tepung maizena-nya gue tambahin jadi 2 sendok teh.

Meringues series 3/7

Untuk bentuknya, gue bikin ada yang kecil ada yang gede, ada juga yang garis-garis *emang motif kain...halah sok dimacem-macemin!*

Dari awal memulai proses, gue emang niat banget dan sok yakin gak bakal gagal. Gue banyak belajar dari pengalaman temen-temen baik yang sakseis maupun yang gatot. Pada saat pemanggangan sambil bolak-balik gue liatin, takut-takut ada lelehan gula atau ada retakan-retakan yang tidak diharapkan seperti yang dialami beberapa temen yang udah praktek duluan.

So far so good, pemanggangan berjalan mulus dan yang paling seneng, sampe titik darah penghabisan waktu panggang, Meringues ik gak ada yang retakkkkkk!! Horeeeee!! *jingkrak-jingkrak*. Baik itu yang kecil-kecil imut ataupun yang gede-gede. Setelah selesai manggang, gue diemin di oven sekitar 1-2 jaman dengan pintu dibuka dikit (lupa gak liat jam, pokoknya agak lama lah baru gue keluarin dari oven).

Setelah itu gue icip-icip. Yang kecil crispy sampe dalam, sedang yang gede, crispy di luar, chewy di dalam. Kalo kita bikin yang gede-gede memang cenderung begitu, jadi bukan berarti gagal.

Senengnya bisa menaklukkan si Meringues. Kuncinya emang harus paham bener gimana men-treat putih telur :). Akhirnya gue malah ketagihan bikin Mereng! Beberapa hari kemudian gue bikin lagi, kali ini campuran coklatnya bener-bener gak diaduk. Dan sakseis lagiii!!!! :D

Sayang gue gak sempet foto-foto step by step-nya karena dapur gue lagi gelap dan belum dipasang-pasang lampunya :(. Dah gitu, Mereng yang imut-imut dah ludes disikat krucils, jadi gak sempet ke foto.

Untuk toppingnya, tadinya pengen bikin raspberry mousse, tapi ada bahan yang kurang...yo wis akhirnya dimakan pake thickened cream plus fresh raspberry.

Next time...gue pengen banget bikin French Macaroon!!! Yihhaaa!! *sookkkkk dehhhh*



Meringues series 1/7

Chocolate Swirl Meringues
Source: Taste. Makes 6.

Ingredients :
4 egg whites
225g caster sugar
1 tsps cornflour
1 rounded Tbs cocoa powder
thickened cream to serve

Directions :
1. Preheat the oven to 150C fanbake. Line a baking tray with baking paper.
2. Put the egg whites and caster sugar in a large heatproof bowl and sit over a pan of simmering water. Don't let the bottom of the bowl touch the water or the egg whites will scramble. Stir with a wooden spoon until the sugar has completely dissolved and the mixture is quite hot to touch, then immediately remove from the heat.
3. Whisk egg white mixture using a hand-held electric beater for about 10-15 minutes until very thick, white and glossy. Mix in the cornflour.
4. Sieve in the cocoa powder and, using a large metal spoon, very lightly fold into the meringue using 2-3 strokes. Don't mix it thoroughly.
5. Spoon the mixture (you can pipe it with the piping bag) onto the prepared baking sheets in 6 large spoonfuls, making each one as peaky as possible (don't have to do this when you want to make 10 small meringues-ab).
6. Put the baking tray in the oven, reduce the temperature to 120C and cook for 1 hour 15 minutes.
7. Turn off the oven and leave the meringues inside until completely cold.
8. Serve with thickened cream.

More photos @ my Gourmet set.

24 comments:

  1. whuiiiiihhh... kereeeennnnnn...
    te-o-pe be-ge-te dehh :D

    ReplyDelete
  2. @ Sofie : makasi ya :)

    ReplyDelete
  3. Anonymous12:29 AM

    hyuukk bikin French macaroon, Dit.. gw juga pengen nyoba

    ReplyDelete
  4. keyennn dit :). sumprit :D.

    ReplyDelete
  5. sekarang wes gak deg degan lagi kan... legaaaa

    ReplyDelete
  6. Anonymous5:40 AM

    sama Dit! gue jg gak ada yg retak, cuma baca buku sekali *hahahah, sok banget ya?* terus udah aja bikin lah. tapi gue tetep tuh gak gitu doyan meringue, french macarons, tetep aja kayak makan gula :D

    ReplyDelete
  7. Anonymous6:11 AM

    dita..
    kuereennn...
    cantik deh..

    ReplyDelete
  8. mak, ngabsen ye mak *sambil nyomot atu*

    ab

    ReplyDelete
  9. Enak yha ada asem2nya..... tapi si mereng teteup aja buatku kemanisan walaupun punyaku gulanya cuma pake 150gr...

    ReplyDelete
  10. Diitt...ternyata gula loe kurangin sampe 150 ya..qiqiqi, gue ga dikurangin samsek boww..anak gue pertama suka eh lama2 emaknya yang makan....*parah* cakep merengnya sayy....:P nyomot yak..;D

    ReplyDelete
  11. @ Mindoel : hyuuukkk, gue uda ada beberapa resep nih. Lagi nunggu mood dulu. Sama mo cari almond meal dulu. Nah lo ada gak tuh almond bubuk di sonoh? *wink*

    @ Yuli : suwun mbak yu.

    @ Rita : hwahahahaha...kayak dikejer deadline apa aja ya? Siap-siap dikejer-kejer lagi tuh tantangan challenge flickr ke-2..hwakakakakakk!

    @ Ezza : makasih ya mak.

    @ Arfi : 2 juga bole, masih ada nih Pih, masih crunchy padahal udah 2 mingguan di toples.

    @ Kartika : masak sih mbak, menurutku sih segini pas, gak kemanisan :)

    ReplyDelete
  12. @ Elsye : iya, gue kurangin, abis kalo gula segitu kebayang manisnya.

    ReplyDelete
  13. Ditaaa! Foto yg di tengah keren abis!! Gue suka sama cara lo nata makanannya.
    Btw, gue ngikutin elo ngurangin gula. Waktu pertama bikin, emang kemanisan banget. Thanks ya Say sama tipsnya di milis :).

    ReplyDelete
  14. Lutju-lutju Dit....
    Apalagi pake Raspberry, hmmm yummy ^_^

    ReplyDelete
  15. @ Sheila : Thanks ya, Sheil. Sama-sama.

    @ Widya : Iya Wid, biar gak kemanisan, emang enaknya pake buah seger.

    ReplyDelete
  16. waksssssssssss itu poto cantekssssssss

    ReplyDelete
  17. Anonymous8:58 AM

    waaa dita, keren meringue nya.. slurp slurp...

    ReplyDelete
  18. @ Peppy : thank u jeng :).

    @ Oni : mauuuu????

    ReplyDelete
  19. Anonymous6:18 AM

    Tok..tok..tok.. Mbak Ditaaa, daku mampir ;) Wow, meringuenya nampak cantik dan lejaaatt.. :9 Mbak, saya juga kepengen bikin french macaroon! :D

    ReplyDelete
  20. Kalo buatan mbak Dita sih woookeeeh bener, smp ngiler liatnya, fotonya maaaak bikin seger mata *_*

    ReplyDelete
  21. nyam... nyam... nyam... ambil satu ya...

    salam KBB

    ReplyDelete
  22. cakep banget Dit.. ya merengnya, ya fotonya. Ok banget deh..

    ReplyDelete
  23. Dita, these are absolutely beautiful!

    ReplyDelete
  24. @ Ayu : mari masuk mau minum apa? aku mo nyari almond meal dulu nih buat bikin french macaroon.

    @ Mae : makasi ya, Mae.

    @ Santi : boleh silahkan, masih ada setoples.

    @ Atiek : makasih ya buw :).

    @ Patricia : thank you.

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)