2.03.2007

Donut Season!



Yiippeeee...I did it! I did it! *gaya Dora*

Inget Donut Blues Syndrome yang pernah menyerang gue? Sindrom itu sudah berlalu *gak usah ngetawain donat gatot gue deh, Beth, gue mo nyombong nih sekarang* Sempet beberapa waktu gue gak mau bikin donat. Kapok bin males! Ya kapok gagal, ya males ngulenin adonan yang bikin tangan gue jadi berotot :). Tapi entah, ada angin bertiup dari mana, tiba-tiba gue semangat nyobain resep-nya donat Jco dari NCC Cooking Show dengan tabloid Lezat. Cruuiiinngggg....pikiran gue langsung melayang pada tawaran mbak Yuli Proyekdapurku , ibu peri nan baik hati si ratu cupcake itu :), yang dulu pernah nawarin minjemin mixer Bosch-nya. Waktu itu gue tolak karena gue masih trauma. Gue bilang, "thanks mbak, maybe next time."

Pas ngeliat laporan-laporan di milis, kok banyak yang berhasil, tante jadi penasaran juga nih. Langsung deh tante nggondol Sikobosh-nya (baca: Sico Bosch) mbak Yuli. Noraknya gue begitu ngeliat Sikobosh, begitu ditaruh di tangan gue, gue bengong, speechless, begitu pula Pinot yang malem itu nganterin gue. Naik mobil masih terpana sama si Sikobosh. Leia gue taruh di carseat, Sikobosh sayang gue pangku, gue elus-elus. Beberapa meter meninggalkan rumah mbak Yuli, laki gue komen, "buset....gak salah tuh mixer!" Dia lagi yang gak paham gadget-gadget dapur, biasa liat mixer abal-abal gue. Gue bilang, "sangar!!!!" Dalam hati berikrar, gak boleh gagal donat gue, sembari nge-sms yang empunya minta doa supaya proyek donat gue berhasil :). Nih, dia penampakan Sikobosh yang bikin gue termehe-mehe dan ngedip-ngedipin Pinot minta dibeliin *wink*.



Kembali ke mik....serr *gaya tukul*. Trus gue punya perasaan, donat gue bakal berhasil nih *ceile sok PD*...lah iyalah, keterlaluan aja udah dipinjemin mixer sangar kayak gitu, proyek donat masih gagal juga! Bikin setengah resep aja, gak punya tepung komachi gak papa, pake tepung cakra aja. Bahan-bahan lain kebetulan masih ada stock di rumah. Begitu ngeliat Sikobosh beraksi, tante kembali terpana :D sambil geleng-geleng kepala *asli norak banget* dan berkhayal kapan gue beli mixer kayak gini yah? Coba kalo pake mixer abal-abal gue, gue pasti sibuk dan panik sendiri karena whisk-nya gak kuat ngaduk adonan roti, nah ini...gue tinggal ngelamun juga bisa :P

Sippp sekarang silahkan dinikmati deh donat-donat gue. Ada yang gue kasih topping karamel, ada yang pake selai hazelnut trus ditaburin rice cereal, ada yang pake dusting sugar doang. Pokoknya gaya deh, dibikin gaya donat Jco, i-Crave, Krispy Kreme, whateverlah. Yang penting enyaaakkk *menurut gue*, lembut gak kayak donat kampung. Menurut mbak Yuli gimana? Aku siap menerima komentarmu, sepahit apapun yang penting ik udah ngrasain Sikobosh. Jadi kapan lagi Sikobosh boleh maen ke tempat gue *wink...ngarep*. Aaarrrgghhh....gakkkk rela balikinnya!!!



Donut ala Jco


Bahan A :
850 gr tepung terigu “cakra” / tepung terigu Jepang (Komachi)
30 gr ragi instant
10 gr garam
600 ml air matang (kalo pake tepung "cakra", kurangi 75 - 100 ml)

Bahan B :
200 gr tepung terigu “cakra” / tepung terigu Jepang
10 gr garam
60 gr susu bubuk FC
125 gr gula pasir
100 gr telur
125 gr mentega putih / shortening

Cara Membuat :
1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit di wadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
2. Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis. Lebih kurang 10 menit. Istirahatkan di wadah tertutup selama 15 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal lebih kurang 1 cm, diamkan 10 menit, cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
4. Goreng dalam minyak padat dengan api kecil saja hingga berwarna kuning kecoklatan.
5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.

Sebenernya, sisa-sisa adonan yang udah digilas gak boleh digils ulang lagi, cuman karena gue sayang sama adonannya, akhirnya sisa-sisa potongan dari cetakan, gue gilas lagi dan ada juga yang gue bikin jadi bulet-bulet kecil kayak munchkin-nya Dunkin Donut...dan hasilnya masih tetep lembut kok (jangan diikutin yah, cara sesat).

Source : NCC Cooking Show-Lezat

14 comments:

  1. Hahahaha kayaknya lu lagi girang banget nih Dit..selamat ya..donatnya mantaff tuh..boleh dong diminta hehe..

    ReplyDelete
  2. waaa.. canteeek nian donatnya, Dit! ayo bikin roti, donat kentang, dan roti2 laennya yg biasanya perlu dicambukin dulu baru empuk hehehe....

    ReplyDelete
  3. rita bellnad5:24 AM

    Ditaaaa.... gw pengen donat bikinan kamuuu.... please hihikkkhkkk...

    ReplyDelete
  4. ibundanyafarrasXavier11:05 AM

    Welleh.... jadi ngiler deh au
    bikin juga ah
    Btw, dikau mampir aja ke showroom Bosch di PangPol, disana ada kok mixer Bosch yg 2jtan

    ReplyDelete
  5. mauuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu!!!

    ReplyDelete
  6. to anne : mmbberrrr gue lagi norak bgt pakek tuh mixer! kita harus bikin donat bareng nih, Ne :P

    ReplyDelete
  7. to Oni : kalok gak pakek sikobosh gue juga males, Ni :P

    ReplyDelete
  8. to mbak Rita : dikirim kemana, mbak :D

    ReplyDelete
  9. to ibundanyafarrasXavier : huhuhuhuhu...teteubh aja 2 jetiiii!!!

    ReplyDelete
  10. to Arfi : sini gue kirim bareng2 buat mbak Rita :P

    ReplyDelete
  11. Waaah dit, baru sempet mampir ke sini. Donatnya enyaaaaaaaaakkkk....!!!Gue seneng yang coklat tuuh, pake rice crispy ya. Bikin roti unyil dong.Gue rela deh dipinjem lagi tuh si Bosch kalo pas free...hihihi

    ReplyDelete
  12. tetep kagak sahhh... kalo belom nyoba :p

    ReplyDelete
  13. wah, boleh minta resep toppingnya juga ndak?

    ReplyDelete
  14. mbak, sorry nanya dikit yach...
    yang dimaksud ulenin lagi, bukan ulenin pake tangan kan? tetep di mixer yach? atau kita ulenin pake tangan pas adonan a n b di campur

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)