2.11.2007

Dora Project 1: Plastic Wrap Technique




Ini adalah proyek pelampiasan rasa penasaran gue. Pertama, gue sangat bersemangat nyobain teknik paper towel buat menghaluskan buttercream pada cake. Cuman kan udah sering dicoba dan udah sering denger reviewnya. Mbak Irma udah cerita, Oni juga udah nyoba di proyek-proyek cake-nya. Gue baca di buku Wilton, ternyata bukan cuman paper towel yang bisa dipakai, tapi juga plastic wrap. Nah, yang terakhir aja deh yang gue coba. Kebetulan di Jakarta juga rada susah nyari paper towel yang polos atau yang motifnya bagus. Nothing to loose-lah, proyeknya juga proyek sayang anak yang lagi doyan banget sama Dora The Explorer. Dora-nya juga jadi Dora jadi-jadian...hehehehe...Kedua, dapet kiriman piping gel Wilton dari Oni (thanks a lot, dear), sayang kalo gak dicoba. Mengingat cerita-cerita Oni yang dengan penuh semangat sharing teknik memindahkan gambar dari kertas print-print-an ke atas cake dengan menggunakan piping gel, gue jadi gak bisa tidur ngebayanginnya...hehehe...*hiperbol amat yak* Liat deh cake Hello Kitty-nya Oni...cantik kan? Itu pake teknik transfer menggunakan piping gel.

Gue akan sharing di 2 postingan. Pertama, untuk teknik plastic wrap. Kedua, untuk teknik piping gel decor.


Buttercream (BC) yang bisa dipakai untuk teknik ini tentunya harus jenis BC yang nge-crust, gak bisa BC yang basah dan lengket seperti Hollman. Coba deh Resep Wilton atau Ateco.

Buttercream Wilton

Bahan :
1 cup shortening
1 cup butter/margarine
1 tsp vanilla extract atau bisa diganti dengan rhum
4 cup icing sugar/confectioner sugar
2 tbs milk

Cara Membuat :
1. Kocok shortening dan butter, masukkan vanilla ekstrak atau rhum.
2. Masukkan gula secara bertahap. Terakhir masukkan susu.
3. Beri pewarna sesuai selera dan kebutuhan.

Note : Jangan biarkan BC di tempat terbuka, tutup wadah dengan lap lembab. Jika disimpan dalam airtight container bisa tahan sampe 3 bulan. Kalau BC terlalu kaku bisa tambahkan susu atau light corn syrup.

Step by step plastic wrap technique

1. Siapkan cake, kemudian oles dengan BC, kalau banyak crumbnya, lakukan dulu crumb coating. Haluskan permukaan kue, tapi gak usah halus-halus amat. Kemudian masukkan kulkas selama kira-kira 10 menitan. Supaya BC kaku. Keluarkan, kemudian cover dengan plastic wrap.












2. Setelah itu haluskan BC menggunakan jari-jari tangan yang ditekan perlahan ke atas permukaan cake. Bisa juga menggunakan alat bantu yang permukaannya datar. Gue menggunakan centong nasi yang datar untuk menekan-nekan, selain menggunakan tangan.













3. Lepaskan plastic wrap secara perlahan, jika permukaan BC dirasa sudah halus.















4. Lakukan cara yang sama pada bagian samping cake.















5. Taaarrraaaaa!!!! Halus kan cake-nya, bisa mempersingkat waktu penghalusan BC pada cake, yang kadang suka bikin senewen sendiri.











Note : karena iklim yang "gerah" di Indonesia, cake bisa bulak balik masuk kulkas, karena BC cepet lumer. Tapi gak ribet kok. Lumernya juga gak lumer-lumer banget kayak coklat. Makanya kalo dirasa BC udah agak melembek, gue masukkin kulkas, tunggu 5 menitan, baru dihalusin lagi. Supaya BC bisa halus sempurna. So far, gue yang notabene seorang amatir, sangat puas dengan teknik ini :).

8 comments:

  1. pake resep buttercreamnya wilton enak gak rasanya? dimakan nya garing2 gitu donk kalo bisa nge-crust? shortening nya pake mentega putih australia yah biar gak ngendal?

    ReplyDelete
  2. enak kok, tapi emang gak selembut hollman. jangan ngebayangin keras kayak royal icing yah...gak segaring itu kok :). Iya aku pakek shortening ostrali, gak ngendal sama sekali.

    ReplyDelete
  3. Dit, makasih banget neh atas plastic wrap technique-nya bisa berguna neh kalo lagi bikin cake yang mesti ditutupin ama BC :D maklum masih suka nga rapi :D
    Buku wiltonnya spt apa sih yang dikau pakai, Dit? Kayaknya OK banget :D

    ReplyDelete
  4. makasih Rie, seneng kalo bisa berguna infonya :). silahkan deh dicoba. Halaahhh itu buku wilton dah tuwir banget, udah 20 tahun deh, wilton year book keluaran 1987. Buku2 yang baru-baru juga pasti adalah. Yg baru2 mah gak sanggup beli, keburu mikir buat anak2 duluan ;)

    ReplyDelete
  5. Anonymous5:40 AM

    dit, aku biasa pake hollman, dan ngeratainnya juga manual hehehe...dasar aku emang konvensionil. eniwei, tks sharingnya ya dit, kamu nii...telaten banget dah ah masang plastic wrappnya! -peni-

    ReplyDelete
  6. wadoooowwww kalah telaten dah sama dirimu yang kalo ngedekor cantek cantek! Biar kata gak rata2 amat, kalo udah dipegang sama dikau pasti jadi menakjubkan deh tuh kue2.

    ReplyDelete
  7. mbak, postingannya mbantu banget buat amatiran kyak aku nih, tapi aku biasanya ngalusinnya pake pisau palet dicelup aer panas, dikeringkan trus dioles diatas BCnya, lumayan berhasil... bagi2 tipsnya terus ya mbak...

    ReplyDelete
  8. wah, keren :D
    hidup Dito, serba bisa banget :

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)