4.02.2011

(repost) Sup Buntut Panggang

Dulu udah pernah post resep ini di sini. Tapi berhubung blognya mama Anne pindah-pindahan, akhirnya link resepnya ilang. Makanya saya post ulang lagi, fotonya juga jadul bener :D. Karena banyak yang minta resepnya juga daripada bolak-balik ngirim lewat e-mail dan inbox FB, makanya saya repost.

Ini resep yang selalu saya pake kalo bikin sop buntut goreng...panggang sih tepatnya. Aslinya saya dapet dari Anne Vijaya tapi terus saya modifikasi. Andalan banget loh! Beneran deh! Enak banget. Lebay? Nggakkkk!!! Coba tanya yang udah pernah nyobain :D

[Indonesian Food] Grilled Oxtail Soup

Bikinnya gampang tapi memang bahannya agak banyak, keliatannya ribet tapi sebenernya tinggal cemplang-cemplung bahan.

Sup Buntut Panggang
sumber : Anne Vijaya dengan modifikasi dari saya

[Indonesian Food] Beef Oxtail Soup

Bahan-bahan Sup :
1 kg Buntut potong
Bawang putih (takarannya suka-suka,karena saya penggemar garlic jadi sering pake banyak)
1 buah biji pala, geprek
sepotong jahe, geprek
1 batang kayu manis
6 bh cengkih
garam, merica
lada hitam bubuk
daun bawang
1/2 bawang bombai utuh
wortel
kentang

Cara membuat :
1. Rebus buntut sampai empuk, kalo punya pressure cooker ena banget, 1 jam juga empuk. Kalo ngerebus manual, selamet yeeeee....bisa nunggu berjam-jam...hahaha
2. Masukkan semua bumbu : bawang putih, jahe, biji pala, kayu manis cengkeh.
3. Masukkan juga 1 batang daun bawang, 1/2 bawang bombai utuh, 1/2 kentang utuh dan 1 buah wortel utuh (ini cuman buat bikin kaldu sayur, jadi nanti kalo udah selesai masak, tinggal dibuang). Lalu bumbui dengan garam, merica dan lada hitam secukupnya.
4. Kalo buntut sudah empuk, angkat, sisihkan. Selesaikan membuat sup. Masukkan potongan wortel dan kentang, juga daun bawang yang sudah dirajang halus.
5. Matikan api kompor jika wortel dan kentang sudah empuk.

Bahan-bahan untuk buntut panggang :
1 stick butter
Bawang putih, geprek
Bawang bombai, potong-potong memanjang
Saus Tiram
Kecap Manis
Saus Tomat
Lada hitam bubuk
Garam, merica

Cara membuat buntut panggang :
1. Panaskan oven 180˙C. Buntut yang sudah direbus tadi taruh di dalam tray panggangan yang sudah dilapisi aluminium foil.
2. Lumuri buntut dengan bawang putih, butter, potongan bawang bombai, saus tiram, kecap manis, saus tomat, garam merica secukupnya dan taburi dengan lada hitam yang banyak...YUMMY!!
3. Panggang selama 30-60 menit.
4. Keluarkan dari oven, buntut panggang siap disajikan dengan kuah sup.

[Indonesian Food] Grilled Oxtail Soup

6 comments:

  1. Ih gue mauuuu!! Kebetulan ada buntut di freezer, emang mo bikin sop buntut goreng sih. Dulu gue udah nyoba yang versi aslinya, enak tapi emang PR banget ngerebusnya karena gue pake panci biasa :D

    ReplyDelete
  2. Mba dita, you're my truly inspiration..! Blognya aku link ke blogku yah...btw pake kamera apa mba? canggih banget yaa? thanks mba..

    ReplyDelete
  3. @Riana : aduuhh makasih ya. Hihihi gak usah mikir kamera canggih ato nggak, camera pocket juga bisa bikin foto bagus kok.

    ReplyDelete
  4. @Otty : gue juga pake panci biasa Ty, ini panci presto juga boleh minjem tetangga :D. GImana? dah bikin belum?

    ReplyDelete
  5. wah samaan ni sumber resepnya :D kalo aku ga dipanggang mbak dita, setelah buntut empuk, semua bahan2 untuk manggangnya aku tumis bareng buntutnya dan sampe meresap.

    Jadi pengen bikin lagi, tapi pake iga aja ah :)

    ReplyDelete
  6. Dita.... thx yah sharing2 menu nya...bikin ngilerrr banget...

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)