4.25.2011

(Indonesian Food) Pempek Pistel

Suatu ketika @nyonyo26 bertanya, udah pernah makan pempek pistel belum? Apa pula itu. Pempek saya taunya cuman pempek kapal selam, lenjer, kulit dan adaan (baca di sini soal macem-macem pempek)

(Indonesian Food) Pempek Pistel

Terus dia cerita kalo pempek pistel itu diisi pepaya muda dan dibentuk kayak pastel/panada. Hmmm sounds yummy!! Penasaran saya googling, dan pengen banget nyoba bikin. Udah lama banget gak bikin pempek dan pas kebetulan punya tenggiri juga. Tapi pepaya mudanya lagi gak punya. Akhirnya rencana bikin pempek pistel ketunda cukup lama sampai akhirnya saya dapet pepaya muda.

Haha...ternyata bikin pempek pistel ini makan waktu ya bok. Soalnya kan musti satu satu ngelipetin kulitnya. Akhirnya gue menyerah di pempek ke 15 dan sisanya dibikin lenjer, yang gampang :D.

Untuk resep adonan dasar pempek, saya gak mau coba-coba resep lain, udah jatuh cinta sama resep NCC. Empuk dan gak alot. Untuk isian setelah browsing ternyata ada beberapa macam resep. Pokoknya intinya pepaya muda ditumis dengan ebi bubuk. Akhirnya resep isian saya modif sendiri dengan nambahin bawang merah, sedikit cabai bubuk dan ketumbar.

Pempek
source : NCC
Bahan 1
1 kg bersih daging Ikan Tenggiri, haluskan dengan Blender
200 ml air
2 butir telur

Bahan 2
50 gram Tepung terigu
2 sendok makan garam
2 sendok teh gula pasir
4 siung bawang putih
200 ml air

Bahan 3
800 gram tepung Sagu tani + sedikit tepung Tang Mien

Cara membuat :
1. bahan 1 dicampur dan diaduk-aduk dengan jari tangan sampai
tercampur homogen. masukan kulkas, biarkan menjadi mengental
2. Bahan 2, dicampur dan didihkan dengan api kecil sambil diaduk terus
sampai mengental, dinginkan dan masukan kulkas
3. 30 menit kemudian, Campurkan adonan bahan 1 dan bahan 2, aduk
dengan jari tangan sampai tercampur rata.
4. Masukan tepung sagu kedalam campuran adonan Ikan sedikit demi
sedikit, sambil diuleni dengan ujung jari tangan.
5. Adonan masih agak terasa lengket, supaya gampang dibentuk, lumuri
tangan dengan sagu, ambil sesendok makan adonan dan bentuk bulat
panjang. atau bisa juga dijadikan pempek kapal selam.
6. Masukan pempek yang sudah dibentuk dalam air mendidih, sampai
matang (pempek akan mengapung).



Isian Pepaya Muda & Cuko

Bahan-bahan :
500 gr pepaya muda
2 sdm ebi bubuk
3 bawang merah, cincang
1 clove bawang putih, cincang
1/2 sdt merica
1/2 sdt ketumbar bubuk
garam
2 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuat :
Tumis bawang putih, bawang merah dan ketumbar hingga wangi. Masukkan pepaya muda serut, ebi, merica dan garam. Masak hingga pepaya layu. Sisihkan.

(Indonesian Food) Pempek Pistel

Penyelesaian :
1. Ambil adonan pempek, gilas dan cetak seperti akan membuat panada/pastel.
2. Beri isian pepaya. Tutup dan lipat pinggir-pinggirnya (kalo saya biar cepet di sealed pake garpu aja...hahaha...pemalas)
3. Rebus pempek hingga mengapung, angkat.
4. Goreng sesaat sebelum disajikan. Hidangkan dengan cuko.

(Indonesian Food) Pempek Pistel

Cuko :
500 gr palm sugar (gula aren)
100 gr asam jawa
1 sdt ebi bubuk
2 bawang putih, cincang
1 1/2 liter air
3 sdm cuka
cabe rawit secukupnya
garam

Pas mau bikin cuko kehabisan gula jawa/gula merah. Untung dikasih temen, gula srilanka. Melihat warna dan bentuknya sepertinya menjanjikan mirip gula jawa. Warnanya lebih hitam daripada gula India (Indian Jaggery). Baunya pun lebih mirip gula jawa. Rasanya juga gak asam seperti Indian jaggery.

Srilankan Jaggery

Cara membuat cuko :
1. Campur air, asam dan gula aren dalam panci. Biarkan larut dan didihkan.
2. Masukkan bawang putih, ebi, cabe ulek dan garam. Didihkan. Angkat. Tambahkan cuka.
3. Saring dan tempatkan di wadah bersih.


7 comments:

  1. nyerah koq di no.15? itu sih TABAH maaaaak.. hebat emang lu ya, bikin ngiler pulak foto nya. Eh baru tau gula srilanka , cakep ya, keq gula jawa tempo dulu. Selama ini gue pake jagery emang ga item samsek.. :(

    ReplyDelete
  2. i just posted the same thing on my blog! haha.. :)

    ReplyDelete
  3. @Fitri : sayag kan mak udah bikin isinya jadi dipaksain deh tuh.

    @dania : woww...siap meluncur ke sana :)

    ReplyDelete
  4. huhuhu,,, pengen bikin juga ^@^

    ReplyDelete
  5. makasih ya mbak dita, klo cari makanan enak sesuai lidah indonesia di india dmn ya mbak.... buwat referensi adik yg br mau ditugasin di india...
    thanks infonya

    ReplyDelete
  6. I have soft cover for shot from the top so really like the first one. Also the last one - I can't make out what it is but love the shot!

    ReplyDelete
  7. thanks ya mba, udah posting resepnya. jadi ngiler, pengen cobain bikin...=)
    kalo gak ada sagu tani, diganti apa ya tepungnya?
    thanks sebelonnya...=)

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)