3.20.2011

KBB #22 : Pennylane Brownies & Spun Sugar



Woa woa woa apa ini? Apa ini? Begitu buka surat cinta Klub Berani Baking langsung stress. Apa pula ini spun sugar? Tantangan kali ini memang memadukan resep made in Indonesia dengan dekorasi spun sugar. Resep Indonesianya sih gancil, nah ini spun sugarnya? Alhasil setelah 2 minggu berlalu baru bisa ngerjain. Karena ngerjain spun sugar butuh fokus, konsentrasi dan gak keburu-buru. Sementara di awal-awal minggu bulan Maret ini lagi ada aja masalah yang agak ribet. Makanya ijin sama host ngerjainnya nanti kalo udah tenang. Dan yang pasti harus dikerjain pas weekend, saat papin libur dan bisa jagain anak-anak. Kalo anak-anak gak ada yang jaga, wahhh bisa bubrah semua deh.

(KBB) Spun Sugar

Begitu semua udah tenang dan situasi dan kondisi udah mendukung, mulailah saya ngerjain tugas. Resep pertama yang saya coba adalah resep KBB yang medium use.

Gagal!!!!! terlalu moist dan akhirnya gak menghasilkan benang-benang halus. Udah dapur berantakan. Gula di mana-mana, tangan pake kecipratan gula cair panas pulak *ouch*.



Setelah gagal itu, saya browsing-browsing cari penyebabnya. Ternyata bikin spun segar ini gak boleh udara panas dan lembab. Sangat disarankan untuk kerja di tempat dingin. Terus ada juga source yang bilang, gula itu sifatnya sudah lembab, karena mangandung air, jadi sebenernya gak perlu pake banyak air waktu mau bikin karamel.

Penasaran, saya ngobrol juga sama chef Adith, temen twitter yang bermukim di Singapura. Ia menyarankan untuk mencoba membuat spun sugar dengan dry caramel. Gak pake air sama sekali. Kalopun pake air, palingan cuman 2 sendok makan aja.



Yukk mareee coba lagi. Tutup-tutupin dapur lagi dengan kertas koran, siap tempur lagi, siap messy lagi dengan kepretan-kepretan gula.



Owiyah, karena saya gak rela mengorbankan whisker saya untuk dipotong, maka saya pake garpu aja. Wuiiiii....seneng banget liat benang-benang halus waktu garpu dikepretin *ini bahasa Indonesia yang proper apa yak?* Ahuiii...jingkrak-jingkrak deh. Aman! Akhirnya selesai sudah tugas PR kali ini. Cake-nya pake Pennylane Brownies (reepnya di sini) terus didekor pake spun sugar.



Hasil spun sugarnya memang lebih coklat dan lebih kokoh dibandingkan dengan spun sugar resep KBB. Dengan menggunakan dry caramel, spun sugar saya bisa bertahan sampai 8 jam (mungkin tergantung cuaca juga ya, kebetulan saya berada di ruang ber AC dengan kelembaban udara yang rendah).

(KBB) Spun Sugar

Nah, terus ini temen-temen KBB pada ngobrolin Croquembouche. Aduuuhhh tergoda pengen bikin. Ya sut, bikin deh kue sus-nya pake resep mbak Fatmah. Diisi filling green tea pastry cream...yummm enak banget!!

(KBB) Croquembouche

Kali ini saya bikin spun sugarnya gak pake garpu dan whisker yang dipotong, tapi pake bantuan sumpit, ternyata bisa juga. Videonya di sini dan di sini.

Resep Spun Sugar dari KBB
Spun Sugar (Angel’s Hair)
Sumber: Dessert Techniques by Le Cordon Bleu Cooking Schools

Alat: Pakailah whisk yang sudah tidak dipakai tetapi masih bagus (tidak karatan), lalu pakai wire cutter, potonglah jari-jari whisk di ujung (yang melengkung), sehingga whisk anda akan ‘gundul’. Gunakan whisk ini untuk membuat spun sugar.

Sugar Syrup

Silakan pilih:
Medium use 1 ¼ cups sugar to 1 cup water.
Heavy use 1 ¼ cups sugar to ⅞ cup water.

Step :

1. Heat the sugar syrup to 311 F then plunge into a pan of cold water to halt the cooking process.
2. Cover your work surface with parchment paper. Holding a rolling pin in one hand over the paper, dip the whisk into the sugar syrup and flick it back and forth over the rolling pin so that railing threads are formed.
3. Gently gather up the strands and fold them back over the rolling pin. Loosen and lift them or slide them off the pin gently.
4. Break the sugar in half and gently shape each half as desired in your hands.

Resep kue Sus
sumber : NCC

Adonan Dasar Kulit Sus

Bahan:
200 ml air
125 gr Margarine
1 sdm gula pasir
150 gr tepung terigu
4 btr telur

Cara membuatnya:

1. Masak air, mentega dan gula hingga mendidih.
2. Masukkan tepung terigu, aduk cepat hingga kalis, angkat, dinginkan.
3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok hingga rata.
4. Masukkan adonan kedalam plastic segitiga, semprotkan diatas loyang yang sudah dioles mentega dan ditabur tepung.

(KBB) Croquembouche

Resep Pastry Cream-nya dari Joy of Baking, tapi saya bikin rasa green tea. Terus setelah cream matang, saya campur dengan whipped cream.

Ihhhh seneng banget deh udah bisa bikin spun sugar *norak*. Bukan KBB namanya kalo tantangannya gak bikin orang jadi pinter.

3 comments:

  1. speechless.. keren abis..

    ReplyDelete
  2. styling pake korannn, wowww, asikk and kreatif. banyak inspirasi nih mampir siniii. LIKE!

    ReplyDelete
  3. @Widya : ahhh mbak Wid. Biasa aja kok...makasih ya

    @Fellexandro : makasih makasih udah mampir2 ke sini. Blogmu kok gak bisa dibuka ya?

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)