3.27.2011

Bolu Kukus (anti gagal)



Bikin Bolu Kukus? Mari menarik nafas panjang. Agak kapok sebenernya, karena ratusan kali bikin *lebay*, selalu berakhir di tong sampah, bolkusnya gak mau ngakak. Segala resep dicoba. Dari yang pake soda, pake susu doang, dll. Gak satupun berhasil.

Kali ini tergoda, waktu liat bolkus gula merahnya mbak Besta, di FB, yang ternyata pake resepnya Widya. Biasanya nih kalo ada resep yang lagi dihebohin ibu-ibu, pasti ada apa-apanya. Entah gampang, entah enak banget atau simple banget.

Pas baca resepnya, ternyata simple banget, bikinnya pun bisa gak pake mikser. Gak boros telur pulak. Nah, karena ini percobaan pertama dan takut gagal lagi, saya coba gak pake gula merah dulu. Gula merah barang mewah bok di sini, daripada nangis gerung-gerung, stok gula merah kebuang percuma, mending eksperimen pake rasa lain aja. Cairan gula merah saya substitusi dengan susu cair plus gula pasir.

Bolu Kukus Gula Merah
sumber : Widya Wijanarti

Bahan-bahan :
1 sdt baking Powder
1 butir telur
250 gr gula merah (dita - saya gak pake gula merah, gantinya 125 ml susu cair plus 6 sdt gula pasir)
125 ml air (dita - gak pake, karena udah diganti susu cair)
250 gr tepung terigu
1 sdt pasta vanila (dita - saya ganti dengan pasta panda dan pasta durian)
50 gr margarine, cairkan (dita - saya pakai butter)

Cara membuat :
1. Cairkan gula merah dengan 125ml air, saring (saya skip step ini)
2. Cairkan mentega, dinginkan
3. Kocok telur dengan baking powder, sampai tercampur rata, gak perlu sampe mengembang banget.
4. Masukkan terigu bergantian denga susu.
5. Kemudian masukkan pasta.
6. Terakhir masukkan mentega, aduk rata.
7. Masukkan dalam wadah bolu kukus.
8. Kukus selama 20 menit dalam dandang/kukusan yang sudah beruap banyak (ini penting ya, musti panas banget). Angkat.

Batch pertama bikin rasa pandan. Begitu 20 menit berlalu dan saatnya membuka tutup dandang...jeng jeng jeng!!!!!!

Takjub!!!!! Bolu Kukus gue ngakak!!!!!!!! Rasanya pengen teriak-teriak! *langsung sujud sukur* Gimana gak seneng, ratusan kali bikin, ratusan bok, ratusan *kayak wafer aja* *edisi lebay nih* gak pernah berhasil. Lah ini yang resepnya gak neko-neko, langsung mekar! Wohooo *masih joget-joget nih*...makasih banyak loh jeng Widya.



Ngeliat batch 1 sakseis, langsung kalap pengen bikin rasa lain. Aha! Kan punya pasta duren. Lucu nih kayaknya bikin bolu kukus duren. Pengennya sih bikin bolu kukus green tea juga, tapi apa daya, persedian tepung tipis, kayaknya cuma cukup buat bikin sekali lagi. Penasaran? Coba deh. Kayaknya sih resepnya anti gagal nih. Inget-inget aja kukusan yang panas banget itu kuncinya. Tandanya uapnya banyak. Terus sekali ngukus jangan banyak-banyak ya, biar panasnya rata dan maksimal. Dan supaya air gak netes ke adonan, sebelum ditutup, saya lapisi dulu dengan lap dapur.

Owiyah, 1 resep ini jadinya cuman 8-9 cup.




10 comments:

  1. Gue copas ya Dhiitt. Ngiler banget sama bolkus gula jawa *glek*

    ReplyDelete
  2. mamin..aku contek resep bolu ngakak n greentea cookies nya ya... :)

    ReplyDelete
  3. mbak klo ngga pake mikser ngocok telur ama BPnya seberapa dong ?? plis info karena mixer dirumah lagi pada mogok

    ReplyDelete
  4. Anonymous12:34 PM

    ternyata ada yg gagal ampe ratusan kali.. berarti dirikuw yg puluhan kali masih lom seberapa dwunk.. hahhaaahaa.., mempersiapkan mental dolo buat bikin bolkus neh..@raida

    ReplyDelete
  5. oooohh..mbak dita...makasih sharingnya..suamiku udah ngidam...glek..semoga berhasil mencoba wiken ini...

    ReplyDelete
  6. @Irra : silahkan bok
    @Ary : gimana Ry percobaan kedua?
    @desy : ga pake lama kok,asal udah nyampur aja.
    @raida : hahahaha...namanya juga lebay da.apa kabar da?
    @win : ayo dicoba mbak :)

    ReplyDelete
  7. Wah Dit .. tertantang untuk mencoba nih gw. Mudah dan mudah2an ngakak juga :D

    ReplyDelete
  8. mbak Dita, aku dah coba bolkus ini, adonannya kenteeeeel banget, trus kok jadi bantet, atasnya sih mekaaaar, cantik tapi hehehe tengahnya keras. salah dimana yaa

    ReplyDelete
  9. same with me, hicks ! try to make it again next time....apa yang salah ya ?

    ReplyDelete
  10. Wah mamin! Ini pas banget buat mama aku. Hahaha. Dia kalau bikin bolu kukus selalu nangis karena bolunya ga pernah ketawa :D
    *bookmarked*

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)