1.07.2010

Roti Sobek 3 Bahan

Hihihi...pasti menganga baca judulnya. Cuman 3? Yang bener? Iya cuman 3, 4 kalo mo ditambah gula sedikit. Dan hasil akhir roti ini...surprise surprise ternyata empuk banget.

roti sobek

Awalnya juga gak sengaja bikin roti pake resep ini. Sebenernya ini resep untuk kue pengantin Arab. Diisi coklat or keju or something sweet, dibuletin terus digoreng. Tapi karena waktu itu gue gak sabar ngegorengnya sementara udah diburu-buru waktu mau pergi...akhirnya bismillah...adonan yg udah diisi dan dibentuk bulet-bulet gue susun di loyang jadi roti sobek. Gak berharap bakal syukses toh adonan yg digoreng juga udah banyak. Dan ternyata....gue malah lebih demen dipanggang sebagai roti daripada digoreng. Bikinnya gak pake lama, proofing sebentar (sekitar 20-30 menitan) dan cuman sekali.

Pertama kali bikin, buat fillingnya gue isi dengan snickers....enak deh, pas rotinya udah jadi ada rasa coklat, kacang dan karamelnya. Akhirnya ini malah jadi resep andalan gue kalo bikin roti sobek. Mau dishaping individual juga bisa aja kok, tergantung selera. Fillingnya juga bisa macem-macem.

Roti Sobek 3 Bahan

Bahan-bahan :
170 gr krim kental/thickened cream
2 1/2 cup tepung terigu
1 sachet/11 gr ragi instant
1/2 cup gula (optional)

roti sobek

Cara Membuat :
1. Campur semua bahan jadi satu, mikser dengan hook roti sampai adonan gak lengket di wadah.
2. Matikan mikser, uleni sebentar dengan tangan. Tutup wadah dengan plastic wrap atau lap, simpan di tempat hangat sekitar 20-30 menit sampai mengembang.
3. Panaskan oven 180˙C. Ambil adonan sedikit demi sedikit kemudian isi dan susun dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti atau parchment paper. Olesi atasnya dengan susu atau kuning telur kocok plus susu, taburi topping.
4. Panggang selama kurang lebih 30 menit. Dinginkan. Dan siap disajikan.

Buat temen minum chai latte...hmmmmm enyaakkkknya

Chai Latte

8 comments:

  1. gue mo bikin maaaaaaaaaakkk...!!!

    ReplyDelete
  2. keknya sy hrs cari oven peninggalan Alm. Mama :))

    ReplyDelete
  3. gw mampir kesini mau liat² apa lo punya resep raisin banana bread eeehh liat si roti sobek terus jadi pengen praktekin dweh. mumpung bawa ragi fermipan dari Jakarta. oiya, thickened cream itu ganti apa ya? kayana ga ada disini

    ReplyDelete
  4. haiyaaaaaaaa....owe akhilnya bisa juga bikin loti aahh.. kamsia ya Dit! whipping cream-nya kurang terus gw kasih susu cair aja. jadi juga dan wendaaannnggg

    ReplyDelete
  5. sama ngaak dengan bikin kue wonder :-?

    ReplyDelete
  6. Hai mbak Dita,
    Salam kenal, kayaknya ini roti menggoda banget jadi kepingin bikin, tapi itu krim kental yang dimaksud itu whipping cream atau pake creme fraiche bisa ga? Terima kasih sebelumnya.
    Salam
    Deni

    ReplyDelete
  7. I found it! Nanti mo nyoba juga deh...penasaran. Jadi inget jajanan sore di Jakarta, ditemenin kopi susu ABC...hhmmm.

    ReplyDelete
  8. Aku mampir.. Trims ya bu.. Mo bikin ah buat pengajian besok;)

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)