6.10.2006

Strawberry Delight Japanese Cheese Cake

Ngarang banget gak sih judulnya! Biasanya Japanese Cheese Cake (JCC) gak diberi topping macem-macem, hanya olesan selai aprikot yang dipanasin aja. Tapi, dasar gak puas dengan penampilan yang sederhana banget itu (walopun rasanya lembyut bambang-Si JCC ini terasa lembut tapi tidak se-creamy Cheesecake biasa yang mudah hancur), Mamin berinisiatif mendekor si JCC biar lebih cantik penampilannya.

Modal tambahannya adalah Butter Cream, Strawberry Paleta (tanpa buah) dan Almond panggang iris. Susun sana sini...Taaarraaaa....jadi deh kayak gini!



Owiyah, ini resepnya yah :

Bahan :
Campur dan ayak :
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena

60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whip cream
3 kuning telur
1 butir telur
2 sdt kulit jeruk lemon parut
5 putih telur
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon

Topping :
2 sdm selai apricot
2 sdm air

Cara membuat :
1. Siapkan loyang bulat 22 cm, alasi kertas roti, olesi mentega. Pasang oven 150 derajat Celsius.
2. Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
3. Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur dan 1 butir telur, aduk rata. Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
4. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
5. Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
6. Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan selai apricot dan air, oleskan ke permukaan cheesecake.

Sumber: 35 Variasi Resep-resep Cheesecake by Yasaboga.

Note :

Yang dimaksud dengan panggang cara au bain marie adalah teknik memanggang dengan air. Tujuannya agar cake matang dalam keadaan lembab dengan tekstur yang lembut. Beberapa tip pemanggangan dengan cara au bain marie :

1. Air dalam loyang harus mencapai setengah tinggi loyang kue.
2. Sebelum dituang ke loyang, air harus dipanaskan dulu sampai mendidih. Tapi setelah berada dalam oven, air harus dijaga jangan sampai bergolak/mendidih dan tidak masuk ke dalam kue.
3. Kalau air kurang dan yang dimasukkan tidak cukup panas, cake tidak akan matang

Sumber: Ririe dan majalah Santap

No comments:

Post a Comment

thanks for dropping by :)