7.16.2011

Our Book : Food Photography Made Easy


(photo by Irra Fachriyanthi)

Akhirnya, setelah proses panjang selama 14 bulan, terbitlah buku kami (Empat Rana : Saya, Arfi Binsted, Riana Ambarsari dan Irra Fachriyanthi), "Food Photography Made Easy". Buku yang kami kerjakan dan tulis di sela-sela kesibukan mengurus rumah, suami dan anak-anak. Kesibukan yang terkadang sering membuat kami terlalu lelah untuk berpikir karena tenaga yang sudah terkuras seharian. Berkejar-kejaran dengan waktu tidur yang tak tentu dan deadline tiap bulan untuk menyelesaikan bab demi bab. Lega sekaligus terharu rasanya akhirnya kami bisa melihat wujud buku ini di depan kami. Bagitu bahagianya, sampai saya menitikkan air mata saat melihat teman-teman sudah menerima dan membaca buku kami. Masih teringat, malam-malam saat semua sudah terlelap, saya menyelesaikan tulisan dan menyeleksi foto-foto. Kegiatan ini tak mungkin saya lakukan siang hari, karena Papin kerja dan saya harus mengurus dan mengawasi anak-anak. Butuh konsentrasi untuk menulis. Oleh sebab itu, saya selalu memilih waktu di malam hari, saat anak-anak sudah terlelap dan ada yang gantian jaga. Atau bangun sepagi mungkin, sebelum anak-anak terbangun dan siap beraktivitas.

Belum lagi tantangan waktu antar negara. Buku ini ditulis oleh saya dan Irra di Kuwait, Arfi Binsted di New Zealand dan Riana Ambarsari di Jakarta, Indonesia. Selama pengerjaan buku ini kami tak pernah bertemu. Semua komunikasi dan diskusi dilakukan lewat e-mail. Jika butuh sesuatu terburu-buru, kami harus bisa toleransi, karena yang satu masih tidur, yang lain sudah siap beraktivitas :D. Benar-benar tantangan yang harus bisa kami taklukkan.

Adalah Irra Fachriyanthi, yang mempersatukan kami untuk menulis buku ini. Perjuangannya untuk meyakinkan kami bahwa kami bisa menulis buku ini benar-benar membuat saya terharu. Beliaulah yang pusing menyatukan ketiga tulisan kami yang tentunya berbeda karakter dan dengan sabar mengumpulkan dan menyusun foto-foto yang tepat untuk keperluan tema penulisan. Dulu saya pikir ini proyek di awang-awang. Tapi lama kelamaan ternyata semua makin serius...hahaha....Apalagi melihat Arfi Binsted yang dg kesibukan seabrek, blm urusan home schooling anak-anaknya dan Riana Ambarsari yang terus semangat di sela-sela kesibukan mengajar baking, menulis buku dan mengajar fotografi, saya semakin terajak dan semangat untuk mewujudkan mimpi kami.

Mimpi untuk bisa berbagi ilmu yang kami tahu dan kami dapat dari pengalaman kami selama ini. Mimpi untuk membuat buku Food Photography di Indonesia yang konon belum ada yang menulis, apalagi yang menulis ibu-ibu semua :). Mimpi untuk membuktikan bahwa kami ibu-ibu rumah tangga juga bisa berkarya dan berguna buat orang banyak. Mimpi kami supaya teman-teman yang sangat antusias ingin belajar food photography, dapat dengan mudah belajar melalui buku.

Buku ini bukan buku resep masakan. Tapi berisi resep panduan praktis untuk yang baru belajar dan tertarik Food Photography. Panduan yang kami tulis sangat mudah diikuti karena kami tulis berdasarkan pengalaman kami yang mengerjakan semua kegiatan fotografi di rumah, dg alat sederhana dan studio odong-odong. Tanpa lampu-lampu mahal, tapi cahaya termahal di dunia, yaitu sang surya :)). Jangan harap menemukan istilah fotografi yang njelimet di buku ini. Semua kami paparkan dengan bahasa yang sederhana.

Saat-saat paling seru justru ketika lay out buku sudah jadi. Campur aduk rasanya. Merinding membaca file PDF buku kami. Revisi bolak-balik, foto-foto yang tertukar atau foto-foto yang salah, dan naskah yang terbalik-balik. Benar-benar bikin deg-deg-an, sementara pihak penerbit sudah mulai pasang ancang-ancang buku harus terbit 2 bulan lagi. Foto-foto yang kalau di Indonesia mungkin bisa dikirimkan via CD karena koneksi internet yang tak bersahabat, di sini kami share via website atau menunggu teman yg mau mudik untuk dititipkan CD berisi foto-foto kami.

Perjalanan panjang berbuah sudah, Buku Food Photography Made Easy sudah bisa ditemukan di toko buku Gramedia sejak 12 Juli 2011. Semoga ini jadi awal untuk bisa terus berkarya menelurkan buku-buku berikutnya. Semoga buku ini bisa menginspirasi orang banyak untuk melakukan kegiatan positif di waktu-waktu luangnya. Kritik, saran dan masukan sangat kami harapkan untuk kemajuan Empat Rana.

Terima kasih semua. Seluruh teman-teman Food Blogger yang banyak menginspirasi kami. Dan keluarga kecil kami yang selalu mendukung kegiatan kami.

Inilah persembahan Empat Rana. Semoga bermanfaat buat orang banyak.


28 comments:

  1. selamat ya mba....dinanti2 nih bukunya....pasti saya akan beli!

    ReplyDelete
  2. Bunda Rayyan12:35 AM

    huhuuu terharu banget bacanya Mamin.. terharu atas semangat dan kerja kerasnya..inspiring sekali. selamat sekali lg atas 'newborn-baby' nya, *ngga sabar pingin segera dapet dan baca bukunya..

    ReplyDelete
  3. Hai Mbak Dita,
    Seneng deh bacanya, terutama juga karena hari ini buku itu sudah sampai di tangan saya. Thanks ya buat Empat Rana. Semoga berkah n bermanfaat buat banyak orang seperti saya...:)

    ReplyDelete
  4. Hallo Dita, salam kenal dari Lombok :)
    Saya kebetulan lagi sama Mbak Lisa yang dari Lombok nih. Saya beberapa kali liat2 blognya Dita tapi baru sekarang ninggalin komen :)
    Selamat ya atas bukunya. Yang jelas pengen beli ntar ;)

    ReplyDelete
  5. kumala7:01 AM

    Congrats, Mba.

    I'm new sikent reader to your blog, tapi ga tahan buat komen. Merinding saya baca cerita perjuangan ibu2 jagoan buat nulis buku ini.

    Sukses selalu. *pasang agenda ke toko buku dalam minggu ini.

    ReplyDelete
  6. marlin1:02 PM

    Karena kami tidak tinggal di Indonesia, bagaimana cara membelinya.

    ReplyDelete
  7. hai, mamin.. bukunya sudah diterima dan dibaca habis bis bis bis. tinggal praktek sambil nyontek semua yang ada dibuku. bermanfaat bgt mba.thanks for sharing, sekarang kalo mau baking kudu mikirin tema sebelum foto :p, sekali lagi...sukses terus yaa :)

    ReplyDelete
  8. salam kenal mbak dita, aku dah beli dan baca semua isi bukunya..mantep banget buat para pemula khususnya, bahasanya ringan dan mudah dimengerti bener2 membangkitkan gairah belajar FP..;)

    ReplyDelete
  9. bukunya keren mbak,.....makasih udah berbagi ilmu dan pengalaman.... salut....
    Ditunggu buku-buku selanjutnya ^_^

    ReplyDelete
  10. saya udah liat bukunya di toko gramedia...good book...inspiring bangettt...apalagi saya juga juga suka food photography...jadi makin semangat deh...selamat ya buat Empat Rana...kalian heibattt...

    ReplyDelete
  11. hai mbak dita...salam kenal mbak, saya sudah beli bukunya dan memang bener..bahasa yang dipakai sangat sederhana dan mudah dimengerti. yang bikin saya salut adalah kalian.."empat rana" dengan segala kesibukan rumah tangga masih bisa menyempatkan menulis buku ini. Hebatt mbak...sebagai ibu rumah tangga saya angkat jempol deh..dengan keempat ibu Rumah Tangga ini. Sukses selalu ya mbak...^^

    ReplyDelete
  12. Waw...keren. I always adore this kind of moms...teruslah berkarya. bukunya ga dijual online yah?saya tinggal di Sorong, Papua, ga ada gramedia disini. hixxx sedih

    ReplyDelete
  13. hi mba..lam kenal..
    ealah ternyata ini mba dita nya empat rana yah.. hehe.. pantes foto nya keren keren..
    mudah2an nti aku pulang bisa beli bukunya.. sukses ya mba :)

    ReplyDelete
  14. Anonymous7:46 PM

    aris

    selamat ya bu :) akhirnya yg saya tunggu juga. bacanya jadi ngk pegel lagi.

    ReplyDelete
  15. congrats Dita dan teman2...semoga tambah sukses....selamat terus berkarya ya!

    ReplyDelete
  16. Anonymous2:07 AM

    so cool mbak dita. langsung masuk daftar buku yang 'must have' and 'must studied thoroughly' and 'must be praticed!' hahaha :) segera beli ah pas pulang ke indo.
    salam hangat dari melbourne!

    ReplyDelete
  17. yayy..congratz yah... pasti beli, kudu msk list titipan ke tmn yg mau blk kesini nih buru2... hmm, sukses sll yah...Mba Dit thx yah dah ksh inspirasi tuk trs berkarya tanpa terbatas ruang dan waktu.. smoga ada sutradara dan penulis film yg mau memfilmkan perjuangan kalian smp terbit buku ini... aku dukung truz.. :)

    ReplyDelete
  18. mbak dita... aku izin link blognya yaaa... tau ga mbak kenapa aku kesengsem banget sama blog ini? karena ada resep pistel dan ciloknya... trus mbak dita bikin buku fotografi juga sama mbak riana, mbak arfi dan mbak irra... wah wajib di follow ini mah... keren banget!

    ReplyDelete
  19. Hai Dita...makasih ya, bukunya aku udah baca dan udah tamat di hari yang sama saat tiba. Seneng dapat tanda tangan...

    Makasih banyak untuk sharing ilmunya. Semoga bermanfaat dan barokah ya. Barokah buat yang nulis dan juga buat yang baca. Amiiin...

    ReplyDelete
  20. Anonymous10:45 PM

    Hi mamin :) thx yah for Empat Rana untuk share2 ilmunya..inspire banget...aku udah mulai coba2, smp bela2in ke ikea beli2 alat2 makan yg lucu :) :) btw, slm kenal yah..aku di Abu Dhabi, kt sedikit tetanggaan..sukses sll buat Empat Rana, ditunggu edisi berikutnya kl bs plus resep :):)

    ReplyDelete
  21. How do I order this book? Im from Singapore. TQ.

    ReplyDelete
  22. wahhhhh,, ingin beliiiii..

    ReplyDelete
  23. wow, luarbiasa...buku yang sangat membantu sekali.

    Terima kasih empat rana. GBU all

    ReplyDelete
  24. aku dah punya bukunya mbak, isinya bnr2 menginspirasi n sangat bermanfaat terutama utk pemula spt saya, recomended bgt deh bih buku, nyesel kalo sampe ga beli ^_*

    ReplyDelete
  25. mbak, aku tertarik mau beli bukunya. apa bisa kirim ke jepang? ditunggu balasannya ya.

    ReplyDelete
  26. mbak Dita, aku dah baca bukunyaa, jadi gak sabar pingin moto makanan terus, tapi masih lon punya sense, ndesso abis, makasih ilmunya yaaa, jadi tahu tentang picnik, mudah, eh iya sebenarnya penasaran sama 3 anak b Dita, kalo lagi motret, asistennya gede gak bayarannya, he he, he, kalo aku banyak biaya entertainmentnya dibanding untuk jualannya

    ReplyDelete
  27. mba aku udah beli bukunya. isi nya bagus sangat menarik.. mba tapi kenapa ga sekalian di cantum kan kamera and lensa yang masing- masing mba dita, mba arfi dan mba riana sering pake ?

    ReplyDelete
  28. Anonymous9:18 AM

    Satu kata Kereeeeeeeeen ...

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)