12.05.2007

Cookaventure : Kuwait Herb Spinach?

Udah 4 harian di Kuwait, rasanya kangen masuk dapur lagi. Penyebabnya selain pengen eksplor masak, juga untuk entertaining myself, apalagi belum ada TV di apartemen kami (tapi bersyukur juga jadi anak-anak gak dikit-dikit minta nonton TV) dan belum mood untuk jalan-jalan keluar sendirian.

Setelah sekian bulan gak ngutak-ngatik dapur (karena selama ditinggal Papin, kami tinggal di rumah Mama), pengen banget nguprek di dapur begitu liat kompor, oven, microwave dan rice cooker. Cuman belum ada perkakas lain, kayak pisau dapur, talenan, ulekan dan antek-anteknya. Kulkas pun belum ada, jadi agak susah untuk nyetok-nyetok sayur dan buah-buahan. Jadi so far titip Papin belanja sepulang kantor untuk masak keesokan paginya.

Malam itu Mamin punya rencana besok pagi mau masak sayur bening bayam dan ayam goreng kuning, jadi begitu pulang kantor, Papin berencana ke Sultan, Mamin langsung titip-titip. Kali-kali di Sultan ada bayam, seperti yang Mamin lihat kemarin di Carrefour. Dan kebetulan pas Papin lunch sempet nyariin pisau dapur dan talenan buat Mamin. Jadi udah enak mau motong-motong sayuran.

Di Sultan, Papin agak kesulitan menemukan bayam, sempet ngabarin Mamin bahwa bayamnya gak ada. Tapi setelah dilihat-lihat ternyata ada kata Papin.

Yo wis, Mamin bilang," ambil aja 2 iket."

Menurut Papin, 2 iket kebanyakan, mending 1 iket aja. Lah emang 1 iketnya gede banget apa? Mamin langsung inget iketan kalo beli bayam di Indonesia. Pan kecil?

Papin bilang, "iketannya gede, satu genggaman orang dewasa aja gak muat".

"Weehhh??? Gede banget dong! Berapa?"

"0.215 KD," kata Papin.

"Heee....6 ribuan, 1 iket gede? Udah sikat!" sambung Mamin.

"Ayamnya yang drumstick kan? Ada nih isi 5. Mau? Setengah kilonya 0.905 KD (red-sekitar hampir 30.000-an rupiah)" tanya Papin.

"Iya beli sekilo aja," sambut Mamin dengan gembira karena semua pesenan ada.

Papin sampai rumah krucils udah bobok, kesempatan nih buat Mamin sekalian mengolah ayamnya, jadi besok pagi tinggal nggoreng. Pas bongkar-bongkar kantong belanjaan, kok Mamin gak menemukan bayamnya.

"Lah ini apa?" kata Papin sambil mengambil seikat bayam dari dalam kantong belanja.

"Heeee?? Itu bayam? Bayam belah mana? Iketannya segitu?" kata Mamin heran karena penampakannya gak kayak bayam Indo. Ya ampyun, ternyata iketannya tuh kecil mana cukup untuk makan orang sekampung....hahahaha....Mamin aja bisa nggenggam kumpulan batangnya. Sementara persepsi Papin, yang digenggam bukan batangnya, tapi daun-daunannya yang rimbun....ya iyalah gak bisa digenggam satu tangan. Oalaaahhhh...begitu deh laki kalo belanja :P.

"Itu tulisannya Kuwait Herb Spinach," sela Papin.



Mamin pasrah mode on, ya sutrala. Kita coba aja deh, penasaran juga kayak apa sih rasanya mahluk yang bernama Kuwait Herb Spinach ini. Tapi gak jadi bikin sayur bening bayam, lupa juga gak punya kencur. Ditumis aja sama jagung pipilan dan bawang bombay sisa kemaren.

Setelah dirasain ternyata rasanya sama aja kok dengan bayam Indonesia :), cuman bedanya yang ini daunnya lebih gede-gede, bentuk daunnya pun berbeda. Tapi ngomong-ngomong kok masuk dalam keluarga herb ya?


2 comments:

  1. I don't know what you said, but I recognize the spinach! If you like it, eat it while you can, eat lots of it right now, because it will disappear, and then the only thing we can get in the warmer months is frozen spinach! I like Yasmin farms spinach, it is YUMMY!

    ReplyDelete
  2. Thanks for sharing. Actually I was trying to say, that Kuwait Spinach has more big leaves than Indonesia Spinach.

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)