11.26.2006

Pastamania : Lasagna



Bertahun-tahun cuman makan lasagna bikinan orang. Akhirnya nyoba bikin sendiri. Hasilnya gak mengecewakan, setidaknya menurut lidah gue dan Pinot. Cihuuyyy!! Jadi ketagihan!



Lasagna

Bahan :
6 lembar lasagna direbus di air mendidih yg sudah diberi 2 sdm mentega + garam

Saus Merah :
2 sdm mentega
1 bh bawang Bombay, potong kotak-kotak kecil
2 bh bawang putih, haluskan
500 gr daging sapi cincang
4 bh tomat merah, buang bijinya, potong kotak-kotak kecil
1 kaleng kecil pasta tomat delmonte
1 sdt oregano
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt bubuk itali
1 sdt gula pasir secukupnya
1 sdt garam secukupnya
air kaldu secukupnya
royco secukupnya (gue gak pake)

Saus Putih :
2 sdm mentega
2 sdm tepung terigu
250 ml susu cair
250 ml whipped cream
25 grm keju Cheddar parut
25 grm keju edam (gue gak pake)
1 sdt oregano
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1/2 sdt bubuk itali
1 sdt garam
1 sdt gula pasir secukupnya
chiken stock secukupnya (gue gak pake)

Taburan :
100 g keju Cheddar parut

Cara Membuat :
Saus merah :
1. Panaskan mentega hingga leleh. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu.
2. Masukkan daging cincang. Aduk hingga berubah warna.
3. Tambahkan irisan tomat, tomat pasta, dan bumbu. Aduk dan masak hingga daging matang dgn api kecil, dan sampai keluar air. Apabila belum matang air dagingnya sudah kering, beri tambahan air kaldu sedikit. Tunggu sampai matang. Angkat.

Saus Putih :
1. Masukkan terigu sedikit demi sedikit ke dalam susu.. sampai agak kental..
2. Panaskan mentega hingga leleh.
3. Lalu masukkan campuran terigu n susu pelan-pelan agak tidak menggumpal masukkan sisa terigu terigu, aduk hingga rata.
4. Tuangi sisa susu sedikit-sedikit sambil aduk-aduk hingga kental.
5. Masukkan bumbu, aduk hingga kental. Angkat.

Penyelesaian :
1. Siapkan pinggan tahan panas, olesi dgn mentega.
2. Susun berturut-turut: lasagna, saus merah, saus putih, bahan taburan (keju Cheddar parut).
3. Ulangi menyusun bahan seperti ini hingga bahan habis, saus putih paling atas.
4. Taburi keju.
5. Panggang dalam oven panas 160 C selama 35 menit hingga agak kecokelatan.
6. Angkat, sajikan hangat.

Sumber : Rini NCC

4 comments:

  1. Wow gue juga baru bikin, tapi blum diposting. Lu ga pake mozarella ya say..? Looks yummy..!

    ReplyDelete
  2. pengennya pake mozarella, pasti tambah yummy, tapi gak ada stock di rumah.

    ReplyDelete
  3. Aurelly8:13 AM

    hi... seru juga bikin lasagna nya yaaa.. btw bumbu itali tu apa yach ? trus cari kulit lasagna dmn ? bikin kulit pasta cendili bisa ga ? tapi pasti repot yach..

    ReplyDelete
  4. emang seru dan yang pasti puas dong dg bikinan sendiri. dulu tuh ngebayanginnya keknya ribet dan susah bikin lasagna...ternyata oh ternyata gak susah amat. :)
    bubuk Itali bisa dicari di hero ato supermarket gede di bagian bumbu2. Tapi di skip juga bisa kok.
    pastanya mending beli ajalah, banyak kok yg jual, bentuknya lebar-lebar gitu. Di toko bahan kue dan di carefour pasti ada.

    ReplyDelete

thanks for dropping by :)